Ini Dia Tips Memilih Furniture Rotan yang Bagus untuk Rumah Anda

Furniture rumah yang di buat dari bermacam bahan sudah memiliki peminatnya masing-masing. Ada sebagian orang yang menyukai furniture kayu, furniture rotan dan lainnya. Semua tergantung pada selera masing-masing orang. sebagian yang memilih furniture dari bahan rotan untuk dijadikan sebagai hiasan ruangan disatu sisi karena harga yang tidak terlalu mahal juga perawatan dari rotan tidak terlalu susah. Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih barang yang bagus tapi dengan harga yang terjangkau . bahan rotan pun sekarang lebih banyak digemari oleh para pecinta furniture.

Rotan adalah tumbuhan yang berada di Indonesia yang memiliki ruas yang panjang dan duri ditubuhnya. Indonesia sendiri merupakan negara yang menghasilkan rotan terbanyak di dunia. Rotan yang tumbuh di Indonesia diantaranya tersebar di Jawa, Kalimantan, Sumatra, Nusa Tenggara, serta Sulawesi. Rotan bisa dijadikan furniture berupa meja, kursi, rak, dan barang lainnya. Untuk mendapatkan furniture rotan yang bagus harus memastikan bahan yang dibuat adalah dari rotan yang unggul. Jika material yang digunakan adalah yang terbaik maka masa bertahan furniture tersebut akan semakin lama.

Tips memilih dalam furniture dari bahan rotan berikut ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk membeli furniture dari bahan tersebut:

  1. Menyesuaikan desain furniture yang anda inginkan dengan desain interior rumah anda. Memilih rotan yang dikombinasikan dengan besi ataupun kayu dan kaca untuk meja itu tergantung pada selera Anda.
  2. Memilih furniture yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misal untuk digunakan diluar rumah pilihlah furniture yang telah diberi coating agar bisa bertahan dibawah sinar matahari dan juga hujan.
  3. Memilih warna yang sesuai dengan warna cat rumah Anda.
  4. Diperiksa dengan baik saat akan memberi furniture agar tidak ada kerusakan seperti rotan terkelupas.

Sama dengan furniture kayu, furniture dari bahan rotan juga memiliki kelemahan yang sama yaitu rayap sehingga perlu dilakukan lapisan anti rayap. Sekarang ini selain furniture dari bahan rotan alami telah ada pula furniture dari bahan rotan sintetis. Furniture dari rotan sintetis memiliki bobot yang lebih ringan dari dapat rotan asli. Rotan sintetis lebih tahan terhadap rayap serta tidak memiliki sambungan. Dengan adanya rotan sintetis ini semakin menambah daftar furniture yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda masing-masing sesuai dengan selera Anda yang cocok dengan desain interior rumah.

Jadi beberapa hal diatas adalah tips supaya anda bisa memilih furniture dari bahan rotan sesuai dengan keinginan anda. Tinggal anda memilih akan membeli rotan alami ataukah rotan sintetis. Tergantung Anda sendiri yang akan menentukan pilihannya. Anda pasti dapat memilih yang sesuai dengan konsep rumah Anda. Furniture rotan sebagai hiasan rumah akan mempercantik desain rumah kalian dengan gaya interior yang Anda inginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *