Ini Dia Kelebihan Motif Meja Inlay dan Cara Tepat Memilihnya

Motif meja inlay adalah sebuah furniture jenis meja yang diukir atau digambar dengan motif inlay yaitu dengan mengukir pada permukaan kayu. Caranya seperti diceruk maupun menggunakan alat lainnya untuk mendapatkan kedalaman tertentu sesuai kebutuhan, setelah itu ditambah dengan jenis bahan kayu yang berbeda dan ditambal sampai membentuk sebuah motif yang diinginkan. Proses penambalan ini hanya dilakukan oleh para tukang kayu ahli dengan sangat rapi dan teliti sampai permukaan kayu bisa rata kembali seperti semula, hanya saja motif gambar pada permukaan meja tersebut sudah berbeda.

 Ini Dia Kelebihan Motif Meja Inlay dan Cara Tepat Memilihnya

Saat ini ada banyak sekali furniture yang jual dengan berbagai motif inlay, akan tetapi penggunaan metode motif ini paling banyak digunakan pada meja. Selain tampilannya sangat elegan dan bisa mempercantik ruang tamu maupun meja makan Anda, masih ada beberapa kelebihan lain apabila memilih meja dengan motif inlay, antara lain: 

  • Karena permukaan meja yang diukir dengan motif inlay akan kembali rata seperti semula, maka meskipun meja tersebut tidak dilapisi dengan kaca, nantinya tetap akan bisa fungsikan langsung. Berbeda dengan meja yang diukir dengan motif timbul, maka harus diberi kaca terlebih dahulu supaya bisa digunakan.
  • Motif ukiran yang beragam. Motif inlay juga semakin beragam mengikuti perkembangan zaman, jadi Anda bisa menyesuaikan motif yang paling cocok sesuai dengan keinginan.
  • Menambah kesan unik. Karena tambahan kayu yang digunakan memiliki jenis dan warna yang berbeda, maka pola yang terbentuk akan terlihat lebih jelas dan mencolok dibandingkan dengan area lainnya sehingga membuat meja Anda tampak unik.

Motif meja inlay memiliki banyak kelebihan atau keunggulan untuk Anda jadikan sebagai referensi saat memilih meja makan yang bermotif, akan tetapi ada baiknya jika Anda mengetahui meja dengan motif inlay yang berkualitas baik, yaitu:

  • Pilihlah jenis furniture meja yang memiliki bahan baku yang berkualitas, sehingga selain tampilannya yang cantik, meja tersebut nantinya juga bisa awet saat di gunakan.
  • Periksa dengan teliti meja dengan motif inlay sebelum Anda melakukan pembayaran, pilihlah yang memiliki pengerjaan paling rapi dan tidak ada cacat fisik sedikitpun.
  • Jangan sungkan untuk bertanya. Jika Anda memang belum memahami bagaimana cara memilih jenis meja dengan motif inlay yang memiliki kualitas bagus, maka jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual. Atau Anda juga bisa mengajak orang yang lebih ahli untuk menemani Anda saat akan membeli meja tersebut.

BACA JUGA BERIKUT 4 JENIS KAYU TERBAIK UNTUK PEMBUATAN MEJA UKIR

Itulah kelebihan motif meja inlay dan cara tepat yang bisa Anda lakukan sebelum membelinya. Memilih meja dengan motif dan kualitas yang baik harus Anda perhatikan supaya selain lebih bagus saat dilihat, meskipun meja yang kualitasnya tinggi akan dibanderol lebih mahal, namun meja tersebut nantinya juga bisa awet dan dapat Anda gunakan dalam jangka panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *