Ide Furniture Unik Hasil Daur Ulang

Saat ini memang banyak sekali pilihan furniture unik yang ditawarkan di pasaran, baik di toko mebel ataupun di situs jual beli online. Namun dengan sedikit waktu luang dan kreatifitas, Anda juga bisa membuat sendiri perabot rumah dengan desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Ya, jika Anda bisa membuat sendiri furniture yang dibutuhkan dari barang-barang bekas yang tak terpakai, mengapa harus membeli?

Dari segi pilihan bahan, ada material kayu, kaca sampai logam, Anda pun bisa menghasilkan furniture unik yang pas dengan ruangan di rumah Anda dari barang-barang bekas. Selain hemat, tentunya opsi ini juga lebih ramah lingkungan. Jika Anda tidak punya waktu dan keahlian tukan-menukang, Anda bisa meminta kepada ahlinya di dekat lokasi rumah. Beberapa barang tersebut antara lain.

Ide Furniture Unik Hasil Daur Ulang

  • Meja Kursi dari Ban Mobil

Sampah ban mobil mungkin ada di rumah Anda dengan jumlah mulai 2 sampai 4 biji. Daripada tak terpakai dan menjadi tempat nyamuk berkembang biak, sampah ban tersebut bisa Anda manfaatkan sendiri menjadi beberapa benda seperti halnya meja ataupun kursi. Menggunakan tali jaring sebagai alas duduk, kursi dari ban bekas ini jadi mengisi ruang tamu ataupun teras rumah Anda. Anda juga bisa membuat meja kopi dari ban mobil bekas tersebut.

  • Kursi Bumper Mobil

Tak menutup kemungkinan ada sampah rangka mobil tak terpakai di lingkungan Anda. Dengan konsep klasik atau retro, bagian kap mobil bisa dipotong dan diolah sedemikian rupa menjadi kursi yang muat untuk 2 orang. Ketimbang dibiarkan berkarat, rongsokan ini bisa menjadi hiasan unik baik di dalam rumah, teras hingga garasi rumah Anda.

  • Rak Gantung Gitar

Mungkin salah satu dari Anda atau keluarga punya hobi musik. Mungkin saja ada bekas gitar tabung dari kayu klasik yang bisa Anda lirik untuk disulap menjadi salah satu furniture unik. Yang Anda butuhkan adalah bagian body dengan lekukan khas gitar klasik. Buka lapisan depan body gitar, menyisakan ruang kosong tabung gitar beserta neck yang dapat Anda gantungkan di tembok dan menjadi tempat menaruh berbagai macam barang ringan hingga tanaman hias.

  • Kursi Tong

Tong alias barel untuk minyak juga dapat dimanfaatkan lagi agar menjadi sesuatu yang baru dan unik. Dengan peralatan dan keahlian mekanik, Anda bisa mendaur ulang barang ini menjadi kursi yang match dengan berbagai konsep ruangan dan tempat. Kerangka logam yang dimiliki tong ini pastinya kuat untuk menahan berat badan orang dewasa sekalipun. Dengan karakter khas dari tong dan sedikit pewarnaan, kursi dari potongan tong ini menjadi barang unik yang akan mencuri perhatian. Kuat, unik dan nyaman.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Itulah tadi beberapa ide yang bisa Anda coba untuk mamanfaatkan kembali barang-barang bekas yang ada di sekitar lingkungan Anda. Dengan keahlian khusus Anda bisa memiliki furniture unik dari barang bekas dengan ongkos yang tentunya cukup terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *