Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Membeli Kursi Tamu

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan, bahwa setiap benda yang diletakkan di sebuah ruangan, dapat menunjukkan karakter si pemiliknya. Setiap benda yang ditelakkan di ruangan tertentu biasanya memang melalui pertimbangan yang matang dari si pemiliknya, sehingga secara tidak langsung benda-benda tersebut mewakili sifat dan karakter pemilik dan pengkonsep barang di ruangan tersebut. Begitu pula dengan ruang tamu. Ruang tamu merupakan tempat pertama di mana para tamu yang notabene merupakan orang asing, belajar mengenali karakter tuan rumahnya. Oleh sebab itu, ruang tamu harus ditata sedemikian ruma agar kesan para tamu yang diperoleh ketika memasuki ruang tamu tersebut adalah kesan yang positif, bukan sebaliknya. Tuan rumah harus memilih barang-barang terbaik untuk diletakkan di ruang tamunya. Selain demi kenyamatan tamu yang datang, barang-barang terbaik yang diletakkan di ruang tamu sebenarnya mewakili sifat ruan rumahnya. Salah satu benda yang paling penting di ruang tamu adalah kursi. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli kursi tamu.

  1. Mempertimbangkan Konsep atau Tema Ruangan

Sebagaimana dijelaskan di atas, ruang tamu akan mewakili karakter dan sifat tuan rumahnya. Sesuaikanlah kursi tamu yang dipilih dengan ruang tamu secara keseluruhan. Misalnya konsep rumahnya bertema klasik, maka pilihlah kursi kuno atau kursi antik yang mampu memberikan nuansa klasik. Begitu juga dengan warna kursi yang dipilih, sesuaikan kursi dengan warna ruangan, jangan sampai kursi yang dipilih tampak mencolok dan norak ketika diletakkan di ruang tamu tersebut

  1. Mempertimbangkan Bahan Kursi

Pilihlah kursi yang bahannya nyaman, lembut, dan terbuat dari bahan yang berkualitas ahar kursi bisa bertahan lama. Bagaimanapun, kenyamanan tamu ketika duduk di kursi tersebut harus diutamakan.

  1. Mempertimbangkan Ukuran Kursi

Ukuran kursi secara keseluruhan, yaitu satu set atau satu perangkat kursi dan meja tamu, harus disesuaikan dengan luas ruang tamu itu sendiri. Proporsionalnya, ruang tamu yang digunakan untuk menampung seperangkat meja dan kursi tersebut tidak sampai separuh ruangan tamu, agar ruang tamu bisa terlihat lebih luas, sehingga tamu bisa lebih betah jika ruang tamunya tidak sumpek.

  1. Mempertimbangkan Kapasitas Kursi

Mempertimbangkan kapasitas kursi juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Jangan sampai kursi tamu yang ada, tidak mampu menampung tamu yang datang. Sebelum memutuskan membeli kursi dan meja untuk tamu, pikirkan terlebih dahulu siapa tamu yang sering datang, dan berapa jumlah tamu yang datang dalam satu waktu. Idealnya, kapasitas kursi tamu adalah untuk enam orang. Kapasitas kursi, selain disesuaikan dengan jumlah tamu yang datang, juga mesti disesuaikan dengan anggota keluarga yang biasa menemui tamu-tamu tersebut. Pastikan tuan rumah dan tamunya bisa mendapatkan tempat duduk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *