Hal-hal yang Mempengaruhi Tinggi Rendahnya Harga Lemari

Lemari merupakan salah satu jenis furniture yang pasti dibutuhkan dalam rumah. Lemari memiliki harga yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Harga lemari memang variatif, dan ini tergantung dari hal-hal berikut ini:

  1. Desain

Desain memberikan pengaruh terhadap harga lemari. Misalnya, desain lemari yang minimalis biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan lemari yang memiliki desain lebih rumit, seperti ada bagian yang melengkung atau bagian yang memiliki ukiran. Lemari dengan ukiran apalagi jika ukiran tersebut berasal dari Jepara tentunya akan memiliki harga yang tinggi karena lemari ini bisa masuk kategori sebagai lemari dengan desain mewah. Desain yang memiliki kerumitan tinggi tentunya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan yang memiliki desain biasa-biasa saja atau konvensional.

  1. Jenis Kayu

Jenis juga memberikan pengaruh besar terhadap harga sebuah lemari. Lemari dengan bahan kayu jati tentunya lebih mahal dibandingkan lemari berbahan kayu akasia dan kayu mahoni. Bahkan untuk bahan kayu jati pun juga beragam, kayu jati yang lebih muda biasanya harganya lebih rendah dibandingkan kayu jati yang tua. Kenapa bisa begitu? Karena kayu jati muda lebih tipis dan lebih rapuh dibandingkan dengan kayu jati tua yang lebih tebal dan lebih kokoh. Apalagi jika lemari terbuat dari bahan multiplek, ini terbilang lemari dalam kategori lemari, tentunya selain lemari berbahan plastik.

  1. Ukuran

Lemari memiliki berbagai macam ukuran, ada yang besar, sedang, juga kecil. Ukuran lemari berpengaruh terhadap harga. Hal ini karena lemari yang besar tentunya membutuhkan jumlah yang lebih banyak dan pengerjaan yang lebih lama dibandingkan dengan lemari yang berukuran sedang atau kecil. Oleh karena itu, harganya pun tentunya lebih mahal.

  1. Finishing

Lemari, khususnya yang terbuat dari kayu tampilannya akan semakin cantik ketika sudah difinishing. Finishing atau pengerjaan bagian akhir ini biasanya menggunakan plitur sehingga tampilannya lebih mewah dan mengkilat. Untuk plitur sendiri ada bermacam-macam, dan ini pun memiliki harga yang berbeda tergantung dari harga dan banyaknya plitur yang digunakan. Selain itu cara finishing juga menentukan harga. Untuk lemari yang cara finishngnya menggunakan plitur semprot tentunya lebih mahal jika dibandingkan dengan lemari yang menggunakan plitur kuas.

Itulah beberapa hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga sebuah lemari. Apabila ingin lemari dengan harga yang lebih murah, jangan lupa untuk memilih desain yang sederhana, serta bahan yang biasa saja. Selain itu ongkos kirim lemari juga bisa menjadi biaya tambahan ketika membeli lemari. Oleh karena itu, sebaiknya beli lemari di toko yang jaraknya lebih dekat dengan rumah agar biaya ongkos kirimnya lebih murah dan tidak membuat harga lemari lebih membengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *