Furniture Asia Khas Jepang Minimalis Dengan Unsur Alam

Kemajuan teknologi negara Jepang mempengaruhi budaya dan perkembangan diberbagai bidang kehidupan, mulai dari benda seni, filosofi, gaya hidup hingga interiornya. Seperti negara lainnya, furniture Asia seperti Jepang memiliki ciri khasnya yang membedakan dengan negara-negara yang lain.

Berikut ini beberapa ciri khas atau karakteristik interior atau furniture Asia untuk dijadikan gambaran, khususnya bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar interior minimalis.

  • Menggunakan Unsur-Unsur Alam

Furniture rumah maupun kantor di negara Jepang sangat kental dengan unsure alam, baik dari bahan yang digunakan maupun warnanya. Penggunaan unsure kayu dan batu sangat dominan.

  • Bentuknya Kotak Atau Kubus

Bentuk ruangan rumah-rumah di jepang umumnya berbentuk kotak atau seperti bentuk jendela berkubus. Contohnya pintu geser atau jendela yang memiliki banyak kotak-kotak.

  • Lantai Rumah Menggunakan Tatami

Ciri khas berikutnya rumah-rumah di Jepang adalah alas atau lantainya menggunakan tatami. Tatami adalah karpet yang tebal terbuat dari bahan jerami yang ditenun. Penggunaan karpet ini karena budaya orang Jepang yang lebih senang duduk di lantai saat makan malam ataupun bersantai bersama keluarga.

  • Dinding Pembatas Dari Bahan Kertas

Ciri khas lainnya adalah dinding-dinding untuk menyekat ruangan terbuat dari kertas. Kertas yang digunakan memiliki tingkat kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap kelembaban.

  • Pintu Shoji Atau Geser

Keunikan interior rumah jepang adalah pintunya yang digeser. Pintu jenis ini disebut dengan istilah Shoji. Selain unik, ternyata pintu ini lebih menghemat ruangan karena tidak membutuhkan ruang untuk buka tutup.

  • Desainnya Minimalis

Desain interior Jepang menggunakan konsep minimalis, dimana di dalam ruangan tidak banyak perabotan. Selain itu ornament atau hiasan yang digunakan juga masih bertemakan alam seperti: pohon bamboo, bunga, huruf kanji dan objek lainnya yang berkaitan dengan filosofi negaranya.

  • Getabako

Ciri khas yang unik dari negara Jepang adalah getabako, yaitu rak sepatu atau sandal yang disimpan di dalam pintu masuk rumah. Hal ini bisa kita ketahui dari film-film atau drama Jepang.

  • Furniture Rendah

Ciri khas berikutnya adalah tidak menggunakan furniture yang tinggi. Umumnya furniture di rumah-rumah negara Jepang pendek atau rendah. Termasuk meja, karena orang jepang lebih menyukai duduk di atas karpet atau tatami. Jika menggunakan kursi itupun ukurannya rendah tanpa ada sandaran punggun dan sandaran lengan. Biasanay bentuk kursi persegi panjang terbuat dari bahan kayu dan bagian atasnya dilapisi busa warna hitam. Selain itu ada tradisi orang Jepang minum teh sambil duduk lesehan.

  • Tirai

Untuk melengkapi ruangan, furniture Asia khas Jepang bisa menggunakan tirai. Namun hindari yang warna warni dengan aksesoris atau motif. Agar memberikan kesan Asia bisa gunakan tirai besar warna putih sehingga unsure minimalisnya sangat kuat. Karena seperti yang sudah diuraikan bahwa interior negara Jepang menggunakan konsep yang minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *