Furniture Antik Atau Bukan, Ini Cara Mengetahuinya!

Furniture pastinya menjadi benda yang amat sangat penting keberadaannya di rumah. Dengan adanya furniture, maka segala fungsi di rumah pun akan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Furniture sendiri terdiri dari banyak sekali benda mulai dari kursi, meja, tempat tidur dan masih banyak lagi. Tak hanya furniture biasa, namun banyak juga para kolektor yang suka sekali dengan furniture antik. Furniture lawas banyak dipilih lantaran memiliki nilai historis yang tinggi sehingga unsur seninya pun juga berbeda terasa.

Furniture Antik Atau Bukan, Ini Cara Mengetahuinya!

Jangan salah, meski furniture sudah lawas, namun justru harga jualnya sangat tinggi. Ya, hal ini bukan hanya karena bentuknya saja yang dijual, melainkan dari sejarah yang menjadi latar belakang dari furniture tersebut. Melihat harga jualnya yang tinggi, banyak sekali penjual furniture yang kerapkali memberikan embel-embel berupa furniture yang antik di barang jualannya. Meski demikian, keaslian dan keantikan dari furniture tersebut kadang masih diragukan.

Jika Anda memang penyuka atau bahkan kolektor barang antik, maka jangan sampai ditipu oleh pihak penjual. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin mendapatkan barang antik yang asli:

  • Hati-hati saat pengamatan

Pengamatan pertama itu menjadi hal yang amat penting. Hal ini lantaran keaslian dan kecantikan dari furniture tersebut sangat diragukan. Jika ingin tahu benar apakah furniture yang dimaksud tersebut memang asli dan antik atau tidak, maka Anda bisa mengusap lalu membersihkan furniture antik itu lebih dulu dari debu memakai kain kering. Hindari penggunaan bahan kimia berbahaya karena bisa jadi merusak bahan finishing yang ada di furniture tersebut. Biasanya jika sudah ahli, dari sini saja sudah langsung terlihat. Namun jika Anda belum ahli, maka bisa konsultasi dengan para kurator atau ahlinya.

  • Cari referensi

Telusuri lebih dulu furniture yang antik. Caranya pun mudah saja mengingat saat ini sudah ada teknologi internet sehingga bisa memudahkan segalanya. Namun jangan hanya berpatokan di internet, tambah juga referensi Anda dari buku hingga majalah lalu bandingkan apakah furniture itu memang sama dan antik atau tidaknya.

  • Cari tahu material pembuatannya

Anda pun harus mengusahakan untuk tahu bahan pembuatan dari furniture tersebut. Apabila dari plastik ataupun polymer, maka furniture tersebut masih termasuk modern. Biasanya furniture yang antik terbuat dari bahan kayu mapel, pinus hingga ek dan kayu jati.

BACA JUGA: BEGINI CARA MUDAH MEMBEDAKAN FURNITURE ANTIK DAN FURNITURE REPRO

Mungkin memang sulit untuk pemula mendapati apakah furniture tersebut antik atau tidak, asli atau tidaknya. Namun jika memang Anda mendambakan furniture antik yang asli, maka bisa langsung ke ahlinya atau kolektornya yang sudah dikenal luas. Dengan demikian Anda akan bisa mendapatkan referensi atau mungkin bisa juga mendapatkan barang yang dicari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *