Daftar Jam Antik Termahal Di Dunia

Sesuatu yang memiliki nilai antik memang tidak mengherankan jika dinilai dengan harga yang mahal. Bagi yang menyukai barang antik, harga mahal malah menjadi suatu tantangan bahkan menjadi sebuah kebanggaan jika berhasil mendapatkannya. Banyak di dunia ini barang-barang yang disemati nilai antik, seperti rumah antik, sepeda antik hingga jam antik.

Daftar Jam Antik Termahal Di Dunia

Jam memang telah ditemukan sejak lama, ditemukan oleh tukang kunci asal Jerman yang bernama Peter Henlein. Dulu, sebelum ditemukan jam portable kecil yang ditemukan oleh Peter, peradaban manusia zaman dulu menggunakan penanda waktu dengan berbagai macam cara, tergantung negara dan kebudayaan masyarakatnya. Meski demikian, jam-jam yang telah ada sejak dulu masih bisa ditemui hingga sekarang, bahkan jam-jam itu digelar jam antik dengan harga yang fantastis.

Bahkan ada beberapa jam antik yang dijual dengan harga termahal di dunia, berikut daftarnya:

  • Duc d’Orleans Breguet Symphatique

Jam antik ini adalah jam termahal di dunia yang dibandrol dengan harga USD 6,8 juta atau kalau dirupiahkan mencapai Rp 65 miliar. Jam antik ini keluaran 1795 dan dirancang oleh Abraham-Louis Breguet, seorang horolog atau pembuat jam ternama asal Swiss. Sebuah rumah lelang asal New York berhasil mendapatkannya . Jam antik ini juga terbilang langka dan baru pertama kali dipertontonkan di publik dalam sebuah acara Expotion Nationale des Produits de I’Industrie tahun 1789.

  • Omega Steinless Steel Tourbillon 301

Jam antik yang satu ini dihargai dengan jumlah yang tidak kalah fantastis, yakni dengan harga Rp 19,56 miliar. Jam tangan ini menjadi sangat mahal bagi kolektor, karena jam tangan antik merek Omega ini menggunakan teknologi tourbillion , yaitu sebuah teknologi yang didesain untuk meningkatkan akurasi dengan mengurangi pengaruh gaya gravitasi, selain itu jam tangan ini juga menjadi jam pertama dari Swiss yang menggunakan teknologi tourbillion pada tahun 1947.

  • The Henry Graves Supercomplications

Jam tangan ini menjadi jam tangan antik paling rumit dan laku dengan harganya mencapai 1,3 juta dolar atau sekitar Rp 260 miliar. Menjadi jam antik termahal karena terdapat peta langit malam di New York dan dibuat oleh Patek Phillippe pada tahun 1933, untuk membuatnya sendiri, sang pencipta yang berasal dari Swis ini membutuhkan waktu selama delapan tahun.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Beberapa jam antik di atas memang wajar dihargai mahal, karena selain waktu pembuatannya juga karena desainnya yang rumit. Meski begitu, para kolektor jam antik tetap memburunya dan tidak peduli dengan harganya yang mahal. Memang sesuatu yang antik layak dihargai dengan harga yang fantastis, bahkan hanya untuk senbuah jam tangan. Namun, bagi pecinta hal-hal yang unik dan antik, bukan soal harga, melainkan tentang nilai seni dan juga sejarah yang ada di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *