Ciri Khusus yang Terdapat Pada Ukiran Jepara

Selama ini, Jepara memang terkenal dengan kerajinan ukirannya yang sudah banyak dikenal di seluruh Nusantara, bahkan dunia. Bukan hanya karena keunikannya dan juga cita rasa seninya yang tinggi, tetapi juga ukiran-ukiran khasnya yang menjadi pembeda ukiran Jepara dengan ukiran daerah lain.

Ciri Khusus yang Terdapat Pada Ukiran Jepara

Kebanyakan dari ukiran Jepara memang menggunakan motif uraian-uraian tumbuhan yang menjalar dengan tambahan daun, bunga, hingga ranting-ranting tumbuhan. Berikut penjelasan mengenai ciri khas dari ukiran Jepara yang harus Anda ketahui untuk mengenal keindahan dari karya seni dari Indonesia yang telah lama ada bahkan sejak dulu kala:

  • Motif Tumbuhan yang Khas

Ukiran Jepara berbada dengan yang lain, karena menggunakan bentuk-bentuk dari tumbuhan untuk sebagain besar bentuk ukirannya. Seperti tumbuhan menjalar yang disertai dengan daun yang lebar, bunga kuncup atau bermekaran, yang juga disertai dengan ranting-ranting kecil dan juga runcing.

  • Motif Tangkai Relung

Motif Tangkai Relung adlaah salah satu ciri khas dari ukiran Jepara, yang berbentuk panjang dan juga melingkar, dengan penampangnya yang berbentuk segitiga.

  • Kekhasan Ukiran dengan Motif Jumbai

Salah satu ciri khas dari ukiran Jepara adalah penggunaan motif Jumbai, dengan bentuknya berupa daun yang terbuka lebar dan menyerupai sebuah kipas tangan. Bentuk khas dari motif ini adalah seragamnya bentuk daun yang diukir sehingga memberikan kesan yang seirama dan juga dinamis. Selain itu, biasanya motif ini menggunakan ukiran dengan helai daun berjumlah 3 dan 5 atau yang biasa disebut buah wuni. Uniknya, di setiap ukiran Jepara, bentuk ujung daunnya selalu runcing.

  • Motif Trubusan yang Memiliki Tingkat Kesenian yang Tinggi

Motif yang satu ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu motif Trubusan yang keluar dari sepanjang tangkai relung yang berbentuk daun. Dsatu lagi jenis motif Trubusan yang keluar dari ruas atau cabang, yang berupa ukiran berbentuk buah. Buah-buahan yang berjejer memanjang.

  • Dipadukan dengan Motif Burung Merak

Tidak hanya memululu menggunakan motif dengan ukiran-ukiran bentuk tumbuhan, tetapi ukiran Jepara juga memadukannya dengan motif Burung Merak. Diketahui sendiri, kalau buruk merak memili bulu-bulu indah yang bisa mengembang lebar. Inilah yang membuat daya tarik ukiran Jepara bertambah.

BACA JUGA: INILAH PROSES UNIK DARI UKIRAN JEPARA YANG MUNGKIN BELUM ANDA KETAHUI

  • Menggunakan Kayu Jati atau Mahoni

Selama ini, ukiran Jepara memang terkenal karena kualitasnya karena menggunakan kayu yang berkualitas sperti kayu jati atau mahoni. Dua jenis kayu tersebut memang terkenal dengan kualitas unggulannya, seperti susunanya yang padat dan lebih tahan lama. Maka tidak heran, jika ukiran Jepara harga bandrolnya bisa begitu tinggi.

Untuk Anda, yang tertarik dengan ukiran Jepara, bisa menggunakannya untuk furniture dengan berbagai gaya dekorasi. Mulai dari dekorasi bergaya jadul maupun gaya yang kekinian. Tetap cocok dan memiliki sisi keindahanserta cita rasa etnis nusantara yang kental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *