Ciri Khas Ukiran Lemari Antik Jepara

Dalam dunia interior, kursi, meja dan lemari antik kayu jepara masih menjadi barang yang harganya lumayan mahal. Walaupun demikian permintaan terhadap furniture ukiran semakin banyak, hal ini dikarenakan kayu ukiran memiliki nilai keindahan dan nilai jual yang cukup tinggi. Tidak sedikit kolektor yang mencari furniture ukiran antik hingga ke pelosok-pelosok daerah di Jawa untuk dijadikan koleksi atau untuk memperindah ruangan di rumah.

Kelebihan dan Ciri Khas Meja, Kursi dan Lemari Jepara

Ukiran kayu Jepara sudah terkenal sampai ke luar negeri. Ukiran adalah kerajinan utama dari kota Jepara. Umumnya kayu yang digunakan berasal dari kayu jati, joko keset atau meh, kayu mahoni, damar, sono, sengon dan lain sebagainya. Kepopuleran ukiran Jepara tidak hanya sebatas di Indonesia, tapi terkenal hingga ke mancanegara. Hal ini terbukti dengan semakin banyak permintaan dari Negara lain

Ada banyak kursi, meja dan lemari antik menggunakan ukiran. Bagaimana cara membedakan ukiran dari Jepara dengan ukiran dari daerah lain? Salah satu yang membedakan ukiran jepara dengan yang lainnya adalah dari corak dan motif ukiran. Ukiran jepara memiliki ciri khas motif rumbai atau ujung relung dimana bentuk daunnya menyerupai kipas dengan ujung runcing.

Kadang terdapat 3 atau biji yang keluar dari pangkal daun. Selain itu bagian tangkai relung dibuat memutar memanjang dan menjalar membentuk cabang-cabang kecil.

Lemari antik produksi sekarang motif ukirannya bervariasi, mengikuti perkembangan jaman. Dulu, motif Jepara umumnya menggunakan motif yang klasik lebih rumit. Sedangkan jaman sekarang motifnya lebih menonjolkan kesan minimalis sesuai dengan trend yang digemari saat ini.

Bac Juga : MEJA KAYU UNIK YANG SALAH SATUNYA MESKI KAMU MILIKI

Tampilan furniture jepara kekinian lebih terlihat luwes dan rapi. Keelokannya membuat enak dipandang mata. Membuat ukiran untuk perabotan tidak bisa sembarangan, membutuhkan tenaga ahli yang telaten dan memiliki jiwa seni yang tinggi karena proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain keahlian pertukangan, para pengukir juga dituntut memiliki kreativitas yang tinggi untuk menciptakan motif ukiran yang inovatif.

Kursi, meja dan Lemari Ukiran

Menggunakan furniture ukiran membuat ruangan terlihat mewah dan antik. Kesan natural bahan kayu memberikan nuansa yang klasik. Apakah Anda berminat menggunakan furniture antik kayu ukiran? Sebaiknya buang segera keraguan Anda, karena ukiran Jepara sudah terbukti kualitas kayu yang digunakan, selain itu bisa dijadikan investasi jangka panjang dengan catatan dibarengi dengan perawatan yang benar agar furniture awet sepanjang masa.

Banyak model dan penawaran harga lemari antik. Anda bisa melihat lebih banyak model dan perbandingan harga atau langsung membelinya di toko online yang terpercaya. Jangan sampai lupa menyesuaikan ukuran furniture dengan luas ruangan dimana furniture tersebut akan ditempatkan. Sekian informasi mengenai kelebihan dan ciri khas furniture ukiran Jepara. Selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *