Ciri Khas Furniture Eropa Gaya Victorian

Gaya atau style menjadi salah satu konsep awal dalam perancangan sebuah furniture atau mebel. Beragam gaya furniture kita kenal dan bisa dijadikan inspirasi untuk digunakan di rumah Anda menjadi lebih indah dengan sentuhan khasnya. Salah satunya adalah gaya furniture Eropa yang sudah dikenal sejak zaman dulu.

Ada banyak pilihan gaya furniture Eropa, salah satunya yang bergaya Victorian. Seperti kita ketahui semakin tingginya perioritas rumah tinggal yang layak huni dibarengi juga dengan nilai estetika. Desain dan gaya Victorian menjadi salah satu konsep hunian yang popular di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Baca juga: DUA JENIS FURNITURE EROPA YANG BISA ANDA JADIKAN PILIHAN

Gaya interior rumah bergaya Victorian ini memiliki ciri khas dan identitas yang tegas dan menjadi refleksi siapa penghuninya. Gaya ini diadaptasi dari arsitektur Inggris Kuno saat masih diperintah oleh Ratu Victoria yaitu pada tahun 1837-1901.

Gaya furniture Victorian merupakan kombinasi desain klasik tradisional dan kontempoler modern. Gaya klasiknya terlihat dari sentuhan yang khas dari kerajaan Inggris sehingga terlihat begitu berkelas dan elegant. Desain interiornya terkesan mewah, melambangkan optimism, semangat dan memberikan aksen yang elegant.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut dijadikan sebagai ukuran gaya Victorian yang bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman dunia desain interior dan arsitektur dari waktu ke waktu. Berikut ini beberapa karakteristik yang menjadi ciri khas gaya interior Victorian.

Ornament

Desain interior Victorian biasanya menggunakan banyak ornament dan identitas dari pemilik rumah. Biasanya ditandai dengan penggunaan karpet besar, gorden besar, wallpaper dengan motif kuat, lampu gantung besar dsb.

Pola

Ciri khas berikutnya adalah penggunaan pola yang ditonjolkan dengan jelas dan sangat tegas. Umumnya menggunakan dekorasi yang komples seperti pola flora dan fauna. Selain itu pola geometris dan garis juga berperan besar dalam menciptakan gaya yang khas.

Warna

Warna-warna yang digunakan dalam gaya Victorian adalah cenderung tersier yaitu warna yang klasik dan glamor. Misalnya, warna mahogany brown, merah anggur, mustard kuning, plum, emas, zaitun, cokelat, ungu, marun, lavender dsb.

Ruangan Luas

Rumah bergaya Victorian biasanya memiliki ruangan yang ukurannya besar dan luas sehingga bisa menonjolkan kesan yang mewah. Biasanya penghuni rumah ini dihuni oleh keluarga besar dan penghuni tetap tidak bersifat mobile.

Furniture

Seperti namanya, gaya furniture Victorian cenderung banyak menggunakan furniture gaya klasik yang memberikan kesan mewah dan berkelas. Karena umumnya furniture yang mewah harganya sangat mahal. Salah satu cara untuk mensiasatinya bisa dengan mengecat atau memberikan warna tua yang dipernis pada furniture.

Cara tersebut bisa memberikan kesan klasik. Siasat lainnya adalah dengan berburu barang-barang klasik di pasar antik, biasanya harganya dibandrol lebih murah dibandingkan jika beli di toko konvensional. Atau bisa juga dengan memadukan ornament furniture Eropa lainnya sebagai pelengkap yang memperkuat kesan klasik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *