Ciri Khas Furniture Asia Negara Jepang Dan Cina

Disetiap negara, furniture mengalami perubahan dan  perkembangan, salah satunya furniture Asia. Selama berabad-abad budaya Asia hidup dengan kesederhanaannya namun tetap elegan.

Furniture Asia didesain untuk merasakan kedamaian, keseimbangan dan rasa tentram saat berada di dalam ruangan. Selain itu ciri khasnya terlihat dari kesederhanaan dan penataan yang rapi. Gaya furniture ini mengalami perkembangan seiring dengan perubahan zaman yaitu digabungkan dengan gaya modern untuk menghasilkan dekorasi Asia yang unik dan lebih menarik.

Berikut ini beberapa karakteristik furniture dan dekorasi Asia yang bisa Anda aplikasikan pada hunian Anda.

Pemilihan Warna

Salah satu karakteristik furniture dan dekorasi Asia adalah penggunaan warna. Contohnya di Cina, menggunakan warna merah yang memiliki makna sebagai keberuntungan. Biasanya furniture yang digunakan menggunakan warna hitam mengkilap yang dilapisi pernis. Sedangkan di Jepang, dominan menggunakan warna-warna alami seperti coklat dan abu-abu. Aksen sebagian besar dekorasi Asia menggunakan warna emas sebaai list atau warna dinding.

Tekstur Dan Pola

Ketika Anda memilih dekorasi Asia untuk rumah Anda, bisa pilih kayu sebagai pilihan tepat. Jika di Jepang banyak menggunakan permukaan kertas yang bercahaya dan batu-batu alam. Ubin dari batu dengan warna cerah dan kerikil-kerikil kecil memberikan aksen dan sentuhan natural yang modern. Pemilihan bahan bamboo bisa digunakan untuk bingkai foto atau nuansa pada jendela dan rak penyimpanan.

Pola seperti lingkaran bisa digunakan dengan makna filosofi Jepang yaitu matahari terbit yang juga digunakan di bendera negaranya.

Hijau Alami

Kesegaran furniture dan dekorasi ruangan Asia lengkap dengan warna hijau alami yang mampu memberikan kesejukan dan kedamaian. Tumbuhan alami dengan warna daun yang hijau memberikan tekstur dan ekspresi seni yang tinggi. Anda bisa menggunakan tanaman bamboo yang ditanam di pot-pot kecil atau besar dihiasi dengan jumbai berwarna emas atau merah. Biasanya jumbai digunakan di rumah yang bergaya Cina. Atau bisa gunakan tanaman bonsai, bisa kita temukan di rumah-rumah dengan gaya Jepang.

Furniture Multifungsi

Dengan ruangan yang luas maupun kecil, di Asia furniturenya menyediakan berbagai fungsi. Misalnya kasur yang fungsinya untuk tidur, bisa juga difungsikan untuk duduk-duduk. Contohnya sofa bed.

Karpet Oriental

Furniture lainnya yang bisa digunakan adalah penutup lantai. Alas atau penutup lantai bisa dibilang dasar dari interior Asia. Di Jepang kita mengenal tatami yang digunakan untuk duduk di ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan. Sedangkan di Cina ada wol karpet bunga yang membuat ruangan terlihat indah dan elegant.

Jendela

Salah satu ciri khas yang membedakan furniture Asia dengan furniture dari negara di kawasan lainnya adalah bentuk jendela. DI Asia jendelanya sederhana, namun bisa menambahkan warna dan motif di sekitar jendela. Di Jepang umumnya menggunakan tirai anyaman sederhana dari kay atau bamboo. Sedangkan di Cina lebih rumit teksurnya dan berjumbai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *