Ciri-ciri Furniture Minimalis

Beberapa tahun terakhir, furniture minimalis memang banyak memenuhi pasaran meubel di Indonesia. Beragam produk meubel minimalis pun semakin banyak diproduksi seperti tempat tidur, almari baju, almari hias, meja rias, meja TV, dan lain sebagainya. Lalu, apa kriteria sebuah furniture bisa masuk kategori minimalis? Berikut ini ciri-cirinya:

Bentuk Sederhana

Furniture dengan konsep minimalis biasanya memiliki bentuk yang ramping serta sederhana sehingga memang cocok digunakan untuk rumah yang juga memiliki gaya sederhana dan minimalis. Meski begitu, furniture jenis ini tak hanya cocok digunakan untuk rumah dengan ukuran mungil saja, namun rumah yang memiliki luas yang sedang atau lebar pun juga cocok menggunakan meubel minimalis ini. Bentuknya yang sederhana memang membuat meubel minimalis cocok ditempatkan di semua ruangan. Misalnya, kursi kayu yang dulu banyak dihiasi dengan ukiran yang banyak, maka kini kursi kayu dapat tampil dengan lebih sederhana sehingga lebih efisien namun tetap cantik.

Meubel Kompak

Meubel minimalis memiliki desain yang kompak, dan tak jarang dibuat berdasarkan penasan atau custom dari pelanggan. Apabila meubel minimalis ini digunakan untuk mengisi rumah, maka akan membuat ruang terkesan lebih lapang dan sederhana.

Terbuat dari Bahan Kayu Ringan dan Plywood

Berbeda dengan furniture berbahan kayu jati yang cenderung memiliki bobot yang berat, maka furniture minimalis memiliki bobot yang ringan karena memang terbuat dari bahan serbuk kayu yang telah diolah menjadi bentuk serupa kayu. Meski tidak sekuat furniture dengan bahan kayu jati. Namun tampilan furniture ini yang dirancang rapi dan cantik serta warna-warna yang menarik, membuat banyak orang yang suka dengan desain meubel minimalis. Meski memiliki beragam kelebihan, tapi meubel minimalis berbahan plywood ini juga memiliki kekurangan yaitu karena mudah rusak apabila terkena air, oleh karena itu, meubel furniture ini tidak diletakkan di eksterior rumah.

Furniture Bahan Kayu Minimalis

Selain meubel dengan bahan plywood, ada pula meubel minimalis yang terbuat dari kayu lebih kuat. Meski terbuat dari kayu, namun untuk desain dan modelnya sendiri lebih minimalis dan dengan motif  yang sederhana. Sehingga kesan ribet pun tidak tampak lagi dalam meubel kayu ini.

Finishing Furniture

Finishing atau pewarnaan pada meubel minimalis memiliki ciri khas dibandingkan meubel jenis lainnya. Ada beragam cara finishing yang digunakan untuk furniture ini seperti cat duco, tacon, melamic, dan lainnya. Untuk warna sendiri, ada beragam warna yang menjadi ciri khas, seperti coklat tua, hitam, putih oranye, atau hijau lemon.

Itulah ciri khas yang banyak ditampilkan oleh furniture minimalis yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat. Pilihan konsep meubel memang selalu cenderung mengikuti tren, dan tak ada salahnya jika meubel minimalis menjadi pilihan utama mengisi dan mempercantik ruangan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *