Cara Praktis Membersihkan dan Merawat Perabotan Rumah Tangga

Merawat dan membersihkan perabotan rumah tangga adalah aktivitas yang harus dilakukan secara rutin dan berkala. Jika tidak perabotan akan lebih sulit dibersihkan dan dikhawatirkan mudah/ jadi rusak. Berikut tips yang bisa membantu Anda merawat dan membersihkan perabotan rumah tangga berdasarkan bahan perabotan.

Membersihkan Perabotan dari Bahan Kuningan

Membersihkan barang-barang dari kuningan bisa menggunakan asam jawa. Caranya : gosokkan asam jawa yang sudah masak ke permukaan perabotan kuningan hingga rata. Biarkan hingga kering. Kemudian bersihkan menggunakan air. Hasilnya, barang perabotan dari kuningan terlihat lebih mengkilap.

Membersihkan Perabotan dari Bahan Plastik

Perabotan yang terbuat dari plastik mudah sekali kotor dan berubah warnanya. Cara membersihkannya sangat mudah, caranya: siapkan air kelapa secukupnya. Ambil kapas lalu celupkan ke air kelapa, lalu gosok perabotan yang terbuat dari plastik. Lakukan berulang-ulang hingga permukaan plastik bersih. Lanjutkan mencuci perabot dengan sabun detergen, lalu bilas hingga bersih.

Membersihkan Perabotan dari Bahan Kaca

Membersihkan perabotan rumah tangga dari bahan kaca, seperti gelas dan piring caranya bisa menggunakan perasan jeruk nipis yang dicampur garam. Masukkan lap atau spons ke larutan jeruk nipis, lalu gosok permukaan luar dan dalam gelas, piring. Bilas perabotan dengan air hingga bersih. Hasilnya, perabotan kaca terlihat seperti baru lagi.

Baca Juga: BARU PINDAH RUMAH? INI PERABOTAN RUMAH TANGGA YANG PERLU DIPINDAHKAN DAHULU!

Membersihkan Perabotan dari Bahan Perunggu

Ambil bekatul secukupnya lalu sangrai hingga panas. Setelah selesai, bungkus bekatul dengan kain katun. Lalu gosokkan dengan pada permukaan perabotan perunggu. Bila bekatul sudah dingin, panaskan kembali dan gosok kembali perabotan hingga warnanya mengkilap.

Membersihkan Perabotan dari Bahan perak

Jika habis merebus kentang jangan buang airnya, karena air bekas rebusan rentang bisa digunakan untuk membersihkan perabotan bahan perak. Caranya: rendam perabotan kurang lebih 10 menit, kemudian keringkan dan gosok menggunakan kain flanel sampai mengkilap.

Selain air rebusan kentang, ada bahan lain yang terbukti dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada perak yaitu: Abu bekas rokok. Caranya gosok perabotan dengan abu rokok menggunakan kain. Hasilnya perabotan perak Anda terlihat seperti baru lagi.

Membersihkan Perabotan dari bahan Rotan

Kursi, meja atau hiasan yang terbuat dari rotan bisa dibersihkan dengan bahan-bahan berikut : siapkan bubuk boraks sebanyak dua sendok makan, sabun cuci ¼  batang.

Langkah pertama cairkan boraks dengan air sabun sebanyak satu ember. Sebelum dibersihkan dengan air campuran borak, bersihkan dulu perabotan rotan dengan sikat atau lap agar debu-debu yang menempel hilang. Setelah itu cuci perabotan hingga bersih menggunakan air borax yang sudah Anda siapkan.

Jemur perabotan hingga benar-benar kering. Setelah kering lap menggunakan kain lap yang kering dan bersih.

Nah, mudah sekali bukan. Sekarang Anda tidak perlu khawatir jika mendapati perabotan kotor. Karena dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan Anda bisa dengan mudah membersihkan perabotan rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *