Cara Merawat Meja Antik yang Benar Agar Bisa Tahan Lama

Furniture antik berarti sesuatu yang berbeda dan belum tentu ada banyak orang yang memiliki. Jika Anda memiliki barang antik, misalnya seperti meja antik, maka ada baiknya jika Anda melakukan perawatan secara teratur dan dengan cara yang benar. Selama bertahun-tahun, cara-cara membersihkan dan merawat furniture antik telah berubah dan berevolusi menjadi seni yang tepat dengan seperangkat aturannya sendiri.

 Cara Merawat Meja Antik yang Benar Agar Bisa Tahan Lama

Dibandingkan dengan furniture fungsional lainnya, mebel antik seperti meja juga akan membutuhkan perawatan khusus. Tidak lagi bisa Anda hanya menampar mantel minyak pada barang antik dan berharap yang terbaik maka melakukan finishing pada meja yang antik dapat mempengaruhi nilainya dan berpengaruh pada harga jualnya. Perabotan dari abad ke-18 biasanya dicat merah terang atau biru sesuai dengan dekorasi saat itu. 

Beberapa orang mungkin tidak tahu itu dan mereka dapat mencoba dan mengecat ulang perabot dengan hasil yang membawa malapetaka. Pengumpul mebel antik ingin kepingnya tertinggal dalam kondisi asli. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk mengetahui tata cara perawatan pada meja antik agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam melakukan perawatannya. Jika Anda belum tahu caranya, maka simak ulasan berikut ini:

  •  Jauhkan meja dari sinar matahari.

Sinar matahari dengan sinar ultravioletnya dapat merusak semua furniture antik. Setiap potongan dengan hasil akhir yang bersih akan menjadi kuning di bawah sinar matahari langsung. Yang terbaik adalah menutup tirai untuk menghalangi sinar matahari, karena matahari bisa mengeringkan kayu dan menyebabkannya retak dan menua.

  • Jauhkan meja dari Air Conditioner.

Jauhkan perabotan antik Anda dari ventilasi udara, pemanas atau AC. Terlalu banyak panas menyebabkan lem furniture mengendur. Hal ini juga mengganggu tampilan veneer, dan make-up dari karya tersebut. Satu-satunya hal yang bisa bermanfaat bagi furniture adalah humidifier yang menjaga udara pada suhu yang sama. Namun, terlalu banyak uap air menyebabkan kayu mengembang dan berkontraksi yang pada gilirannya mempengaruhi kemudahan pergerakan laci dan pintu. Ini juga membuka jalan bagi jamur untuk mulai tumbuh, membusuk untuk dipasang dan serangga muncul.

  • Hati-hati terhadap serangga.

Meja yang terbuat dari kayu atau kulit dan yang memiliki kain dan kain pelapis dalam bahan seperti bulu kuda membuat rumah ideal untuk hama dan serangga lainnya, seperti kumbang atau rayap. Mereka berjalan di sepanjang butiran kayu dan juga meninggalkan jejak serbuk gergaji yang disebut frass. 

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Pada abad ke-18 dan awal abad ke-19, kayu furniture seperti meja juga sangat populer, kemudian diwarnai untuk memberi mereka penampilan mahoni karena diimpor dan karena itu lebih mahal, dan lebih menarik daripada kayu cokelat muda. Menggunakan minyak pada furniture akan berubah dari waktu ke waktu menjadi hitam. Kebanyakan orang berpikir bahwa kayu mengering karena kekurangan minyak. Untuk menghindari kesalahan saat melakukan perawatan pada meja antik, maka ikuti tips di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *