Cara Merawat Lemari Pakaian Agar Terhindar dari Jamur

Memilih model lemari pakaian yang tepat sangat penting, namun juga harus memperhatikan perawatan lemari. Jangan sampai lemari yang Anda pilih tepat tapi karena kurang perawatan, lemari menjadi cepat rusak dan pakaian yang disimpan terlihat tidak rapih dan kucal.

Cara merawat lemari kayu harus sesuai dengan bahannya.

  1. Jangan menempatkan lemari pakaian menempel langsung pada dinding. Hal ini untuk mencegah munculnya jamur akibat kelembaban yang tinggi. Beri jarak lemari dengan dinding sekitar 5 – 10 cm. Buka jendela kamar atau jendela yang digunakan untuk menyimpan lemari. Hal ini bertujuan menahan udara lembab yang bersumebr dari lantai atau ruangan. Sinar matahari efektif mencegah timbulnya jamur di lemari.
  2. Periksa bagian belakang lemari seminggu sekali. Agar kayu lemari tetap awet dan terhidar dari lembab, caranya: keluarkan semua isi lemari lalu jemur lemari di sinar matahari langsung. Ingat jangan menjemur lemari dibawah sinar matahari langsung apalagi siang hari karena bisa membuat kayu melengkung, kering dan permukaan kayu terlihat kusam.
  3. Jangan masukkan pakaian yang masih basah ke dalam lemari karena bisa membuat lemari bau apek dan menyebabkan jamur.
  4. Untuk menghidari jamur, ngegat , rayap, kecoa dan serangga lainnya, taburkan atau letakkan kapur barus di tiap sudut lemari.
  5. Agar warna lemari tidak terlihat kusam, lakukan perawatan 3 bulan sekali yaitu: melapisi lemari kayu dengan pledge atau wax. Lapisan tersebut bisa membuat lemari terlihat mengkilat, tidak kusam dan tahan lama.
  6. Untuk menghidari bagian permukaan bawah lemari diserang jamur caranya alasi lemari dengan menggunakan bahan kayu. Tujuannya untuk menahan udara lembab masuk ke dalam lemari atau lapisan pakaian yang ada didalam. Alas kayu dapat mencegah jamur datang.
  7. Mencegah jamur bisa dengan menambahkan lampu TL di kamar atau ruangan dimana lemari tersebut disimpan. Penambahan lampu di ruangan yang lembab membantu suhu ruangan menjadi lebih hangat.

Baca Juga: PERAWATAN PALING MUDAH YANG DILAKUKAN UNTUK PERABOTAN RUMAH TANGGA

Jika lemari sudah terkena jamur, Anda tidak perlu khawatir ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Oleskan Alkohol

Cara menghilangkan jamur pada lemari caranya bisa dengan mengoleskan alcohol dengan kadar 70% – 80%. Gunakan kain intk mengolesnya. Sebaiknya lakukan di luar ruangan agar baunya tidak mengganggu dan cepat hilang.

  • Menggunakan Melamin/ vernis

Jika menggunakan alcohol tidak berhasil, cobalah menggunakan melamin bening. Lapisi permukaan lemari yang ditumbuhi jamur. Sebaiknya sebelum dilapisi, lemari dibersihkan terlebih dahulu.

Demikian cara praktis menghilangkan jamur yang menempel pada lemari dan cara mencegahnya. Semoga artikel ini dapat membantu dan mengatasi menghilangkan jamur pada lemari pakaian, sehingga pakaian yang disimpan tetap dalam kondisi rapih dan harum. Selamat mencoba!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *