Cara Merawat Lemari Antik Kayu Jati

Benda antik memang memiliki daya tariknya sendiri, hal ini bisa dikarenakan desain yang dimiliki yang memang memiliki ciri khas yang berbeda dan tidak bisa ditemukan dengan desain yang saat ini ada. Hal ini juga berlaku bagi lemari antik yang terbuat dari bahan kayu jati, bahan ini memang dikenal sudah sejak lama memiliki kualitas yang bagus dan bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Cara Merawat Lemari Antik Kayu Jati

Namun bukan berarti tidak perlu merawat lemari antik yang kalian miliki ya, karena sesungguhnya barang apapun yang tidak dirawat dengan baik pasti akan mengalami kerusakan. Lantas bagaimanakah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk merawatnya ?

Langkah terbaik yang bsia dilakukan dalam merawat barang antik adalah dengan cara membersihkannya secara rutin karena Ini merupakan tahap awal yang harus selalu kalian perhatikan, bersihkan lemari antik secara rutin agar terhindar dari debu. Selain itu jaga juga kelembapannya untuk menghambat proses oksidasi kayu yang bisa membuat lemari kesayanganmu terkena jamur ataupun rayap. Letakanlah ditempat yang memiliki suhu normal jangan yang terlalu terkena sinar matahari agar furniture menjadi terlihat kusam serta kayunya mengalami keretakan bahkan melengkung.

Namun yang perlu untuk diingat bahwa terdapat beberapa bahan yang memang akan sangat berguna untuk digunakan dalam membersihkan barang antik, lalu bahan apa sajakah itu ? mari simak beberapa daftarnya dibawah ini :

  • Kemiri

Bahan masakan yang satu ternyata memiliki kegunaan yang lain yaitu untuk menjaga furniture yang terbuat dari kayu jati menjadi tampak selalu indah. Cara yang diperlukan juga terbilang mudah yaitu dengan membakar biji kemari sampai mengeluarkan minyak kemudian taruh di kain kasa dan hancurkan bijinya kemudian usapkan kepada lemari antik kalian.

  • Air cuka

Ini juga merupakan bahan makanan yang bisa digunakan untuk merawat keindahan lemari kayu jati , cara yang diperlukan yaitu dengan menambhakan air cuka dengan minyak zaitun kemudian usapkan pada lemari. Hal ini bisa membuat tampilan mejadi tetap mengkilap.

  • Minyak goreng dan abu rokok

Jika barang antik kalian memiliki noda putih cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkannya. Kalian hanya perlu menggosokan campuran kedua bahan tadi ke noda yang terdapat pada lemari.

BACA JUGA: BUAT RUMAHMU MENARIK DENGAN FURNITURE ANTIK

  • Teh basi

Jika kalian termasuk yang penggemar teh ini perlu untuk diperhatikan yaitu jangan membuang air rendaman teh, karena ini memiliki manfaat lain untuk membersihkan lemari antik. Selain itu air rendaman teh juga dipercaya mampu menjaga furniture tetap dalam keadaan yang lembab.

Nah itulah beberapa tips membersihkan lemari kesayangan yang terbuat dari kayu jati menggunakan bahan-bahan alami yang sangat mudah untuk ditemukan disekitar anda. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian pecinta barang antik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *