Cara Merawat Kursi Kayu Jati Agar Awet

Merawat kursi kayu memang gampang-gampang susah, apalagi kursi yang terbuat dari kayu jati yang bernilai tinggi, tentunya harus dilakukan perawatan ekstra agar tetap awet dan tahan lama. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga agar tampilan kursi berbahan kayu jati tetap awet serta tahan lama:

  1. Memoles Ulang

Kayu jati biasanya diplitur agar tekstur serta coraknya yang khas semakin terlihat, seiring waktu, hasil plitur ini biasanya akan memudar atau berubah kusam. Cara perawatannya bisa dengan menggunakan minyak jati atau bisa dengan dipoles ulang dengan cat plitur berwarna senada. Untuk memoles furniture dengan bahan kayu jati ini bisa dilakukan 3-4 tahun sekali atau ketika warna pliturnya sudah terlihat memudar.  

  1. Tempatkan pada Suhu Normal

Furniture dengan bahan kayu harus diletakkan pada kondisi ruangan dengan suhu normal serta tidak lembab. Jangan meletakkan kursi atau furniture dengan bahan kayu di bawah sinar matahari langsung, karena hal ini bisa membuat kursi terlihat kusam, dan kayunya menjadi retak serta melengkung.

  1. Bersihkan Sela-sela Kursi

Membersihkan kursi yang terbuat dari bahan kayu harus benar-benar detail, apalagi kursi yang memiliki banyak detail serta ukiran, tentunya harus dibersihkan dengan seksama dan teliti, caranya adalah dengan membersihkannya menggunakan kuas halus yang berukuran kecil karena pada sudut atau detail seperti inilah debu dan jamur basanya bersarang.

  1. Cara Memindahkan Kursi yang Benar

Memindahkan kursi kayu pun tidak boleh sembarangan, kursi harus diangkat, bukan diseret, karena ini bisa merusak bagian kursi, khususnya lengan atau kaki kursi. Apabila ukuran kursi cukup besar, bisa meminta bantuan orang lain untuk membantu mengangkat kursi.

  1. Gunakan Pledge

Semprotkan pledge pada permukaan kursi lalu lap dengan kain. Pledge ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran serta kusam. Pledge ini bisa dibeli di toko furniture. Semprotkan secukupnya pada bagian yang ingin dibersihkan, kemudian lap menggunakan kain bersih yang lembut.

  1. Bersihkan Secara Rutin

Agar tampak selalu bersih, bersihkan kursi setiap hari, bisa dengan menggunakan kain lap atau kemoceng, sedangkan untuk penggunaan pledge bisa dilakukan 5 hari sekali atau seminggu sekali.

  1. Segera Bersihkan Noda

Apabila kursi terkena tumpahan minuman atau remahan makanan, jangan dibiarkan, segera bersihkan kursi menggunakan lap serta disemprot menggunakan pledge agar noda tidak mengerak dan akhirnya membandel di kursi. Apabila terdapat noda membandel yang akhirnya susah untuk dihilangkan, maka jalan satu-satunya adalah dengan memoles ulang kursi.  

Itulah cara perawatan kursi kayu dengan bahan jati yang bisa dilakukan. Memiliki furniture jati memang gampang-gampang susah dalam hal perawatannya, apalagi jika sudah terkena noda. Oleh karena itu, perawatan kursi harus dilakukan secara rutin agar kursi tetap awet dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *