Cara Merawat Kursi Antik Dari Bahan Kayu Jati

Kayu jati adalah idola bagi kaum furniture kayu ini memiliki nilai jual yang tinggi di  banding dengan jenis kayu yang lainnya. Kayu jati ini di kenal memiliki keawetan yang lebih , jadi tidak heran bila banyak furniture yang menggunakan bahan kayu jati ini untuk membuat segala perabotan. Sehingga perabotan berbahan kayu jati ini banyak di buru oleh para kolektor, karena semakin tua usia kayu nya semakin mahal harganya. Pada zaman sekarang banyak barang barang antic yang terbuat dari kayu jati, termasuk kursi antik.

Kelebihan kursi antik dari kayu jati ini adalah dari segi bahannya yang sangat kuat dan dapat menghadirkan suasana alam, kesan klasiknya tidak akan lekang di makan oleh waktu. Maka dari itu membutuhkan perawatan yang lebih teliti. Sebenarnya perawatannya hampir sama saja dengan perabotan rumah tangga yang lainnya, akan tetapi khusus untuk ini harus lebih teliti  terlebih jika usia kayunya sudah tua. Dalam membersihkannya selain mengetahui kelebihannya anda juga harus mengetahui kekuranganya sehingga anda mudah dalam merawatnya. Inilah cara cara merawat kursi antic yang bisa anda terapkan dalam keseharian anda :

  • Perhatikan penempatan kursi

Kayu rata rata sensitive terhadap cuaca panas dan dingin, suhu panas membuat kayu menjadi kering, mudah pecah. Jika dalam suhu yang dingin akan mudah terkena jamur, rayap, dan serangga yang bersarang di kayu sehingga menyebabkan kayu keropos.

  • Membersihkan kursi yang tidak divernis

Hindari kayu terkena air karena dengan mudah air akan masuk menyerap ke dalam kursi. Apabila ada debu yang menempel di kursi bersihkan dengan air hangat yang di campur sabun kemudian lap dengan lap basah dan segera keringkan dengan lap kering supaya air tidak menyerap ke pori pori kayu. Lap yang di gunakan tidak boleh lap sembarangan , pilihlah lap yang berbahan lembut.

  • Cara membersihkan bagian ukiran

Kursi antik memiliki cirri khas yaitu ukiran yang sangat indah,  akan tetapi setiap cela dan sudut ukiran sulit untuk di bersihkan. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan kuas kecil yang berbulu halus atau bisa mengunakan vacuum cleaner.

BACA JUGA: FURNITURE ANTIK ATAU BUKAN, INI CARA MENGETAHUINYA!

  • Poleslah ulang kayunya

Pemolesan pada kayu bisa membuat kayu atau kursi antik tampak baru, akan tetapi jika anda menyukai warna alami kayu, cara pemolesan kayu jati antik  dengan menggunakan minyak kayu jati dan ini bisa di lakukan dua tahun sekali.

Perawatan kursi antik berbahan dasar kayu jati harus dilakukan secara rutin minimal satu minggu sekali. Dengan perwatan yang rutin dan teratur sesuai dengan perwatan yang benar kursi antik akan terlihat semakin indah dan juga akan menambah nilai estetika dan nilai jual di kemudian hari. Semoga artikel ini dapat menambah informasi anda dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *