Cara Merawat Furniture Kayu Agar Tetap Bagus dan Menawan

Furniture mebel kayu yang dibuat dari bahan kayu jati adalah furniture khas Indonesia yang banyak digemari semua lapisan dan masyarakat luar negeri. Indonesia sendiri memiliki ribuan hektar hutan kayu terutama kayu jati yang hingga kini semakin dikembangkan dan didukung dengan adanya pengrajin kayu dari berbagai daerah di jawa. Pengrajin kayu mengukir kayu jati dengan berbagai desain yang klasik hingga menjadi menarik. Banyak orang yang memiliki berbagai furniture kayu dari kursi, lemari, meja dan lain sebagainya.

Desain yang terus berubah sesuai dengan perkembangan selera masyarakat membuat mebel kayu tetap abadi digemari masyarakat. Kekuatan dan keawetan dari kayu jati ini membuat masyarakat tetap memilih jati sebagai prioritas pilihan pada waktu membeli mebel jati. Perawatan mebel kayu menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Jika mebel kayu tidak dirawat dengan baik maka akan membuat furniture mudah rusak. Sehingga sebagai pemilik dan pecinta mebel kayu Anda harus merawat dan menjaga agar furniture tetap indah. 

Baca juga: BERITA FURNITURE: SIMAK 3 TRIK UNTUK MENCEGAH SERANGAN RAYAP PADA FURNITURE KAYU ANDA

Salah satu cara gara keindahan furniture kayu tetap terjaga yaitu dengan cara di polish. Polish adalah sebuah cairan untuk menggosok furniture dan membuatnya menjadi lebih mengkilat. Furniture lama akan terlihat seperti baru lagi dengan cara di polish. Sebelum mem-polish mebel kayu, Anda harus membersihkan mebelnya dari kotoran dan debu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencapai hasil akhir yang maksimal.

Selain itu untuk menjaga dan merawat furniture dari kayu jati perlu dilakukan dengan tips berikut ini:

  1. Menjaga permukaan furniture dengan baik dan menghindari adanya goresan, noda maupun warna yang membuat warna semakin kusam.
  2. Furniture lebih baik ditempatkan pada tempat yang memiliki suhu udara normal dan tidak terlalu lembab. Dan juga menjaga agar tidak terkena matahari secara langsung yang membuat warna cepat kusam.
  3. Pada sela-sela ukiran dibersihkan dengan menggunakan kuas yang halus dan berukuran kecil.
  4. menggunakan Polish (Cairan Pelapis Furniture) atau pledge sebagai bahan untuk membersihkan permukaan furniture anda.
  5. Permukaan mebel jati yang telah dibersihkan dengan pledge dibersihkan kembali dengan kain ball.
  6. Membersihkan furniture mebel Jati dengan cara tersebut paling tidak satu bulan sekali.
  7. Hati-hati dalam melakukan pembersihan furniture.
  8. Memoles warna ulang kurang lebih 2-3 tahun setelah membeli agar terlihat tetap menawan.

Dengan melakukan perawatan rutin dijamin furniture jati Anda baik dari yang minimalis maupun ukiran akan lebih awet lama dan bisa dijadikan sebagai perabot warisan keluarga. Mari kita tingkatkan pemakaian Furniture kayu jati dalam negeri untuk membantu melestarikan seni ukir dan mebel kayu serta membantu mengembangkannya sebagai salah satu kekayaan produk asli Indonesia. Dengan memakai furniture mebel kayu dengan ukiran yang indah akan membuat rumah semakin menawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *