Cara Merawat Furniture Antik Kayu Jati Agar Lebih Awet dan Terlihat Baru

Memiliki furniture antik menjadi kepuasan dan kebanggan tersendiri, baik dari segi estetika, segi ekonomi bahkan dari cerita dan nilai sejarah. Dengan perawatan yang baik, barang-barang antik yang Anda miliki lebih awet dan terjaga kondisinya dengan baik.

Ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan barang antik, tergantung bahan furniture. Misalnya cara membersihkan barang antik yang terbuat dari kayu jati akan berbeda dengan cara membersihkan barang dari besi atau rotan. Jika salah merawat furniture malah merusak dan biasanya menjadi sarang debu dan jamur.

  • Simpan furniture antik pada tempat yang bersih dan kering. Kelembaban udara mempengaruhi proses oksidasi kayu. Jika salah menempatkannya bisa malah mempercepat oksidasi yang menyebabkan kayu diserang jamur, rayap atau serangga kayu lainnya. Usahakan furniture kayu tidak terkena sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan kayu menjadi kusam, retak dan melengkung.
  • Pastikan permukaan lantai tempat menyimpan mebel kayu selalu bersih. Bersihkan secara rutin dari debu dan kotoran. Cara membersihkan kayu antik bisa dengan lap atau kemoceng. Bagian sela-sela yang sulit bisa menggunakan kuas kecil yang halus.Sela-sela kayu adalah bagian yang sulit dibersihkan padahal bagian ini yang banyak debu dan jamur yang bersarang.

Dengan menggunakan kuas kecil memungkinkan setiap sudut dan celah bisa dibersihkan yang susah dijangkau oleh kain. Jika menggunakan cairan pembersih khusus, terlebih dahulu disemprotkan seperlukan pada permukaan furniture. Pasikan permukaan dibersihkan dengan kain ball dan biarkan hingga kering.

Baca juga: DESAIN MEJA ANTIK MEMBUAT SUDUT RUANGAN TERLIHAT LEBIH INDAH

  • Anda bisa gunakan air bersih yang diberi sedikit detergen untuk membersihkan kotoran. Jangan menggunakan pembersih yang mengandung bahan seperti: methanol. Acetone, toluene. Walaupun bahan-bahan tersebut bisa membersihkan dengan mudah tapi dapat merusak lapisan kayu (top coating)
  • Jika Anda menyukai warna furniture kayu seperti warna aslinya (warna alam), bisa memolesnya dengan minyak jati. Tapi jika furniturenya diletakkan di luar ruangan biasanya coating akan memudar. Agar tetap terjaga lakukan refinishing 2 – 3 tahun sekali.

Minyak jati cocok juga untuk furniture yang disimpan di luar ruangan agar warnanya tidak mudah memudar dan kusam. Agar hasilnya maksimal lap furniture dua atau tiga hari sekali. Usahakan agar tidak terkena matahari langsung karena bisa membuat kayu melengkung.

Cara mengangkat furniture harus diperhatikan, misalnya mengangkat kursi antik tidak boleh digeser atau hanya dipegang bagian pegangan lengan atau sandarannya. Sebaiknya pindahakan kursi dengan cara mengangkat bagian dudukannya.

Jaga bagian bawah furniture, agar tidak tergores Anda bisa menggunakan taplak meja atau busa untuk alasnya. Demikian tips membersihkan furniture antik yang terbuat dari kayu jati. Lakukan perawatan secara rutin agar furniture terjaga kondisinya, awet dan bisa diwariskan ke anak cucu atau keluarga Anda.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *