Cara Membuat Lemari Minimalis dari Bahan Multipleks

Salah satu jenis lemari yang saat ini banyak disukai adalah lemari minimalis. Lemari jenis ini dengan kualitas tinggi biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, untuk memangkas dana, tak ada salahnya jika membuat lemari bergaya minimalis ini sendiri dengan bahan multipleks. Lalu bagaimana cara membuat lemari bergaya minimalis ini? Berikut ulasan lengkapnya:

baca juga: TIPS MEMILIH LEMARI MINIMALIS UNTUK KAMAR SEMPIT

Persiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama adalah mempersiapkan alat serta bahan. Untuk bahan-bahannya adlah, multipleks dengan ketebalan 18 mm sebanyak 3 lembar, tripleks dengan ketebalan 6 mm sebanyak 1 lembar, melamin, lem putih, lem kuning, sekrup 3 cm dan 5/8 inchi, engsel kupu-kupu atau engsel sendok, rel laci.

Sedangkan untuk alat-alat yang harus dipersiapkan adalah gergaji tangan, bor listrik atau obeng plus, martil, siku besi, meteran, dan pensil kayu.

Buat Komponen Lemari Bagian Samping

kanan, samping kiri, dan bagian tengah. Untuk bagian tengah harap panjangnya dikurangi sepanjang 15 cm guna membuat dudukan bawah lemari.

Persiapkan multripleks untuk pembuatan komponen lemari bagian samping dengan ukuran 60 cm x 200 cm sebanyak 3 buah, ini untuk pembuatan lemari 2 pintu, yaitu untuk bagian samping.

Buat Komponen Lemari Bagian Atas dan Bawah

Selanjutnya persiapkan multripleks sebanyak 2 buah dengan ukuran 120 cm x 60 cm untuk membuat komponen lemari bagian atas serta bagian bawah. Untuk komponen bagian bawah, panjangnya dikurangi 4 cm. Ukuran yang sudah ada hanya acuan, untuk besaran lemari minimalis sebenarnya tergantung pada keinginan dan selera pembuatnya.

Rakit Potongan Multripleks

Apabila multripleks sudah dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah merakit lembaran-lembaran multripleks tersebut menggunakan lem kemudian disekrup menggunakan mesin bor agar lebih mudah dan lebih cepat selesai.

Rakit Penutup Belakang Lemari

Apabila untuk bagian samping kanan, samping kiri, samping tengah, atas, dan bawah sudah dirakit dengan baik dan benar, langkah selanjutnya ialah menutup bagian belakang lemari mempergunakan tripleks dengan ketebalan 4 mm menggunakan lem serta paku.

Membuat Pintu

Apabila semua komponen sudah dirakit dengan baik dan benar, langkah selanjutnya ialah dengan membuat komponen pintu, caranya adalah dengan mengukur sesuai ukuran lemari kemudian pasang pintu tersebut.

Tambahkan Ornamen

Agar lemari tidak terkesan terlalu sederhana atau biasa-biasa saja, maka langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan ornamen, salah satunya adalah cermin pada bagian pintu lemari.

Pasang Komponen Pelengkap

Lemari tentunya butuh komponen pelengkap seperti kunci serta pegangan pintu, oleh karena itu jangan lupa untuk memasang komponen tersebut.

Itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat lemari minimalis sendiri di rumah, selain bisa membuat desain sesuai keinginan diri sendiri, juga lebih irit dan murah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *