Cara Membuat Furniture Sederhana Dengan Ukiran Kayu

Bagi Anda para penggemar furniture sederhana dan tertarik membuat sendiri, dalam artikel ini kami akan memberikan informasi berupa cara membuat ukiran kayu sederhana yang bisa Anda coba lakukan di rumah.

Furniture bahan kayu dari dulu hingga sekarang masih digemari oleh banyak masyarakat, hal ini karena kayu memiliki kelebihan dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain lebih awet, furniture kayu memiliki nilai estetika yang tinggi dan bisa membuat ruangan rumah terlihat lebih alami, modern dan elegant.

Membuat furniture atau sebuah karya seni ukir bukanlah hal yang mudah, namun jika dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Tidak ada kata tidak mungkin di dunia ini jika Anda belajar. Nah bagi Anda yang tertarik membuat ukiran kayu sendiri bisa ikuti langkah-langkahnya yang akan kita bahas berikut ini.

Langkah-Langkah Membuat Ukiran Kayu Sederhana

Membuat ukiran kayu sederhana bisa diaplikasikan pada furniture sederhana bahan kayu yang akan Anda kreasikan.

  1. Pilih langsung gambar ukiran sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Jika bingung mencarinya, caranya bisa searching di Google dengan menuliskan kata-kata kunci, seperti: contoh ukiran, motif ukiran, gambar ukiran jepara, ukiran kayu, ukiran jepara dsb.
  2. Foto copy atau cetak. Jika tidak, caranya bisa digambar langsung untuk menyesuaikan besar kecilnya sesuai kebutuhan.
  3. Tempelkan cetakan dengan lem pada permukaan kayu yang akan di ukir. Hindari menggunakan paku, karena bisa membuat pahat patah.
  4. Siapkan pahat yang akan digunakan untuk mengukir, jangan lupa siapkan juga palu yang terbuat dari bahan kayu agar pahat tidak mudah rusak.
  5. Mulailah dari motif yang paling mudah, seperti: membuat goresan-goresan kecil sambil mengikuti alur motif ukiran.
  6. Lakukan dengan hati-hati, teliti dan cermat.
  7. Jika sudah selesai, perhatikan kembali setiap bagian ukiran, perhatikan dengan teliti dan seksama pastikan semua bagian sudah terukir. Jika belum, selesaikan dengan sabar.
  8. Nah, jika sudah selesai bisa lakukan tahap akhir atau finishing dengan memberi warna (cat) sesuai dengan keinginan Anda.

Nah, bagaimana cukup mudah khan. Memiliki kemampuan mengukir tidak selalu harus memiliki bakat. Kegiatan mengukir bisa Anda lakukan dengan belajar secara rajin. Jika gagal jangan pernah menyerah dan lakukan lagi hingga menemukan teknik yang enak dan tepat.

Jika Anda sudah menguasai dasar mengukir, bisa mulai aplikasikan ke furniture yang ada di rumah Anda atau sengaja membeli kayu mentahannya. Misalnya pada permukaan kursi atau meja, atau furniture yang ukuran dan bentuknya kecil. Jika Anda sudah menguasainya, bisa mencoba menjalankan usaha di bidang furniture bisa mebel atau aksesoris/ hiasan.

Demikian ulasan singkat mengenai cara membuat ukiran kayu pada furniture sederhana. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *