Cara Aman Belanja Furniture Online

Saat ini cukup dari sentuhan jari, berbagai macam barang kebutuhan langsung dikirim ke rumah berkat kemudahan teknologi. Jual beli online seakan menjadi bagian gaya hidup manusia modern yang tak lepas dari gadget dan internet. Begitu pula dengan berbelanja perabot yang dulunya hanya bisa dilakukan di toko mebelir dan kerajinan saja. Kini toko yang menjual furniture online pun semakin banyak dengan persaingan yang ketat diantaranya.

Dalam ketatnya persaingan penjualan furniture online tersebut, akan lebih baik jika konsumen yang diuntungkan. Namun nyatanya tidak selalu demikian. Maka dari itu, kita sebagai pembeli harus hati-hati saat ingin membeli perabot rumah secara online ini. Berikut ini beberapa cara aman untuk berbelanja furniture dari situs jual beli di internet.

Cara Aman Belanja Furniture Online

  • Reputasi Toko

Saat ini banyak sekali toko online khusus menyediakan furnitur dan pernik dekorasi untuk rumah. Memilihnya, Anda bisa melihat seberapa terkenalnya toko online tersebut dan seperti apa kredibilitasnya. Anda bisa meluangkan waktu untuk membaca review ataupun komentar pembeli yang sudah bertransaksi dengan toko tersebut. Anda bisa melakukan pencarian dengan keyword nama toko di media sosial, blog, ataupun forum terkait input negatif dari toko tersebut. Selanjutnya, lakukan perbandingan varian produk, harga, promo hingga layanan pembelian.

  • Detil Produk

Membeli suatu produk secara online berarti Anda harus sudah punya gambaran sendiri tentang sebuah produk yang akan Anda beli. Tentukan dimensi dan ukuran furnitur sesuai kebutuhan, tentukan pula pilihan warna serta desain produk yang Anda inginkan sesuai konsep desain interior Anda. Selanjutnya lihat detil produk yang akan Anda beli, sudahkah sesuai dengan nilai yang Anda tentukan sebelumnya? Sudahkah bahan sesuai dengan harga yang ditawarkan?

  • Pengiriman

Nah, jika Anda sudah menentukan produk yang hendak dibeli, ketahui sistem pengiriman yang digunakan oleh toko tersebut. Carilah informasi kepada penjual terkait cara packing barangnya untuk menghindari peluang cacat produk akibat dari proses pengiriman. Pastikan pula mereka menyertakan petunjuk pemasangan produk jika dibutuhkan.

Furniture pada umumnya memiliki ukuran besar dan bobot yang cukup berat. Maka dari itu, biaya untuk pengiriman tak jarang menjadikan total pembayaran untuk pembelian tersebut bisa sangat besar. Apalagi jika pembelian dilakukan antar kota. Anda pun sebaiknya membandingkan dengan harga toko di wilayah Anda (jika barang sejenis juga ada).

  • Garansi

Seperti halnya barang furniture yang dibeli dari toko offline, pembelian furnitur online pun harusnya juga disertai oleh fitur garansi. Sebab tak menutup kemungkinan, Anda sebagai pembeli menemukan cacat pada produk tersebut setelah dipasang. Sebelum klik beli, tanyakan juga pada penjual lamanya masa garansi yang disediakan. Tanyakan juga apakah fitur pengembalian juga tersedia saat barang yang dikirim tidak sesuai pesanan.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Sebenarnya beberapa hal di atas juga berlaku untuk pembelian barang lain dari situs jual beli. Namun saat Anda memutuskan untuk belanja furniture online dari situs suatu toko, maka hal di atas harusnya menjadi prosedur tersendiri yang tidak boleh Anda kesampingkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *