Butuh Panduan Cerdas Memilih Furniture Antik? Simak Disini Ulasannya!

Beberapa dari Kita lebih menyukai hunian dengan sentuhan klasik sehingga menambahkan beberapa model furniture antik. Furniture atau perabotan memang memegang peran penting dalam membangun konsep interior ruang. Kita bisa menciptakan ruangan bernuansa modern dengan menambahkan furniture yang sejenis. Bisa pula menjadikan ruangan bernuansa retro dengan dominasi perabotan model tahun 1960-an. Pemilihan perabotan memang harus cermat, usahakan mematangkan konsep supaya satu perabot saling berhubungan dengan perabot lain.

Cerdas Memilih Furniture Bergaya Antik

Ketertarikan pada perabotan bergaya antik, seperti perabotan dari material kayu lengkap dengan hiasan ukiran nya. Sudah tentu menuntut Kita untuk tahu cara memilih perabotan tersebut supaya kualitasnya memuaskan. Apabila belum mengetahui caranya, berikut beberapa ulasannya:

  • Memilih material terbaik,

Furniture bergaya antik dari material kayu memiliki kesan tradisional dan juga klasik yang sangat kuat, mendapatkannya pun lumayan mudah. Sebab peminat hunian bergaya klasik sampai sekarang masih sangat banyak meski didera dengan model perabotan yang lebih canggih dan modern.

Supaya furniture gaya klasik yang dipilih tidak mengecewakan pastikan dahulu terbuat dari kayu yang berkualitas. Kita semua tentu tahu bahwa kayu terbaik untuk kebutuhan pembuatan furniture dimiliki oleh kayu jati. Itupun harus kayu jati yang sudah tua baru diproses sebab kayu yang masih muda kualitasnya kurang bagus dan kuat. Kenali dahulu kayu jati tua ketika diolah dan dilapisi plitur akan nampak seperti apa supaya pilihannya tepat.

  • Hindari kayu yang memiliki cocoh dan bubuk kayu,

Cocoh merupakan lubang kecil yang biasanya terdapat pada furniture antik berbahan dasar kayu jati tua yang dimakan serangga bernama Trocoh. Keberadaan lubang kecil ini meski terlihat sederhana dan tidak berbahaya ternyata menyebabkan kayu rapuh. Sebab serangga yang hinggap sudah mengkonsumsi bagian dalam kayu jati sehingga mudah sekali rusak. Oleh sebab itu hindari kayu atau perabotan kayu yang terlihat lubang-lubang supaya tahan lama.

  • Sebaiknya menyesuaikan dengan selera,

Perkembangan dalam dunia seni ukir dan furniture tidak menjadikan perabotan klasik selalu identik dengan ukiran kayu jati. Beberapa perabotan menyesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga perabotan klasik hadir dengan beberapa model. Sesuaikan dengan selera apakah memang tertarik dengan perabotan ukiran atau yang bergaya retro klasik. Sebab pilihan yang sesuai selera akan memberikan kepuasan ketika furniture tersebut sudah berada di ruangan yang dituju saat membelinya.

Baca Juga: JANGAN SEMBARANGAN MERAWAT MEJA ANTIK BILA TAK INGIN TERJADI HAL INI!

  • Tidak mudah tergiur dengan harga miring,

Harga furniture bergaya klasik memang akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan model terbaru masa kini. Itulah mengapa beberapa orang mudah sekali membeli perabotan klasik berdasarkan harga termurah. Padahal belum tentu kualitasnya bagus, sehingga perlu hati-hati dan memilih berbelanja di toko meubel yang sudah terpercaya. Kualitas perabotan antik murah biasanya memang kurang memuaskan, misal menggunakan sistem sambungan pada furniture kayu yang lebar sehingga saat musim berubah akan merenggang.

  • Memilih finishing yang aman,

Semua perabotan dari material apapun memiliki proses finishing yang berbeda-beda, sehingga kadang tergolong aman atau sebaliknya. Pastikan dahulu ketika memesan dan berbelanja furniture bergaya klasik dipoles dengan finishing yang aman. Finishing anti racun akan menjadikan perabotan tersebut aman berada di sekitar anak-anak sampai bayi. Jadi, dalam memilih furniture antik tidak hanya sekedar melihat kondisinya yang masih bagus dan berdiri kokoh saja. Ada banyak hal yang perlu dicermati seperti finishing nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *