Berikut 4 Tips Terbaik Merawat Furniture Antik Kesayangan Agar Tetap Bagus

Tidak sedikit pemilik rumah yang memilih furniture antik untuk mempercantik hunian barunya, sehingga memberi elemen klasik di dalam ruangan. Umumnya furniture yang tergolong klasik ini terbuat dari material kayu yang kemudian dikerjakan dengan detail ukiran. Model klasiknya sendiri bisa bertemakan Jawa kuno namun bisa pula mebel bergaya klasik khas Eropa. Anda yang suka kemewahan namun ingin yang condong ke arah klasik bisa memilih furniture yang antik. Bisa memesan khusus ke pengrajin atau berburu di toko perabot terpercaya. 

Berikut 4 Tips Terbaik Merawat Furniture Antik Kesayangan Agar Tetap Bagus

Tips Merawat Furniture yang Terbilang Antik

Selain mencari perabot antik yang sesuai selera dan berkualitas baiknya Anda juga paham cara merawatnya. Agar awet berikan perawatan berikut ini: 

  • Tempatkan di ruang yang kering,

Furniture klasik dijamin memakai material kayu yang di finishing memakai pernis, sehingga tempat untuk menaruhnya baiknya yang suhunya normal. Cenderung kering dan bukannya lembab untuk menghindari serangan jamur yang bisa membuat material kayunya lapuk dan bernoda. Kelembaban juga akan merusak finishing furniture bergaya klasik tersebut, sehingga pastikan ruangan rumah Anda suhunya sudah terbilang normal.

  • Bersihkan sela furniture memakai kuas,

Khusus untuk furniture antik yang memiliki detail ukiran dijamin pemiliknya dibuat resah soal debu yang masuk ke sela-selamnya. Namun tenang cukup dengan memakai kuas kecil debu yang terjebak di sela ukiran bisa diusir sampai tuntas. Gunakan kuas berukuran kecil agar bisa menjangkau sela yang kecil dan sempit. Pastikan kuas terbuat dari bahan yang lembut bukannya bahan yang kaku, sebab salah-salah malah menggores permukaan furniture Anda. Jadi pilih kuasnya dengan teliti agar tidak menyesal.

  • Lindungi permukaannya dari goresan dan benturan,

Furniture klasik baiknya memang dirawat dengan seksama semakin dini Anda memberi perhatian lebih maka terjamin awetnya. Usahakan untuk melindungi furniture klasik ini dari segala ancaman goresan maupun benturan. Hindari meletakan makanan atau minuman panas karena bisa meninggalkan bekas berwarna putih lantaran pernis yang melapisinya habis terbakar. Baiknya berikan taplak untuk meja sehingga mencegah goresan dan benturan yang berpotensi merusak serta menjadikan furniture tersebut nampak jelek. Mencegah lebih baik ketimbang harus melapisi ulang pernisnya.

BACA JUGA: CARA MERAWAT KURSI ANTIK DARI BAHAN KAYU JATI

  • Bersihkan dengan cairan khusus,

Setiap satu bulan sekali furniture klasik dari bahan kayu baiknya dibersihkan secara detail, maksudnya ke seluruh bagian. Namun jangan asal saat membersihkan melainkan sudah membekali diri dengan cairan pembersih khusus untuk mebel dari bahan kayu. Umumnya untuk furniture klasik orang memilih pledge, namun usai memakai cairan ini lap kembali memakai kain bersih. Sebab cairan pledge ini cenderung lengket dan susah kering sehingga mudah menyerap debu, jadi pastikan dilap ulang agar furniture antik tidak tertutup debu tebal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *