Berikut 4 Jenis Kayu Terbaik untuk Pembuatan Meja Ukir

Beberapa dari kita memang lebih menyukai meja ukir ketimbang meja bergaya modern minimalis maupun model lainnya. Meja yang memang memiliki detail ukiran cenderung lebih klasik sekaligus elegan dan tentunya diketahui termasuk perabot yang tidak murah. Apalagi jika mempergunakan material kayu dengan kualitas yang tinggi, dijamin nampak semakin mewah dan harganya pun semakin tidak murah. Terlepas dari persoalan harga memang meja dengan ukiran ini banyak diminati khususnya bagi pecinta perabot yang terbuat dari kayu.

Jenis Kayu Terbaik untuk Meja Model Ukiran

Bagi yang berencana membeli meja dengan model ukiran ini tentunya perlu memilih secara teliti, bisa dimulai dengan paham jenis kayu yang digunakan. Supaya bisa meneropong kualitas sekaligus kisaran harganya dan berikut jenis kayu yang terbilang bagus dan sering dipilih:

Berikut 4 Jenis Kayu Terbaik untuk Pembuatan Meja Ukir

  • Kayu jati,

Kayu jati memang menjadi juara dalam material kayu untuk pembuatan furniture karena memiliki serat halus dan bermotif cantik yang terbentuk secara alami. Soal kekuatan kayu jati juga paling bagus karena umurnya bisa sangat lama tentunya dengan catatan kayu jati yang digunakan juga sudah tua. Anda bisa menjadikannya pilihan untuk mendapatkan meja ukir dengan detail ukiran berkualitas namun siapkan diri dengan harganya yang lumayan.

  • Kayu mahoni,

Kayu mahoni atau mahogany juga menjadi salah satu kayu pilihan terbaik untuk pembuatan meja ukir. Kayu jenis ini memberikan harga yang lebih terjangkau dan terpaut jauh dengan kayu jati yang memang punya kualitas import. Namun tidak perlu cemas ketika diolah di tangan yang tepat maka desain furniture dari kayu ini akan nampak cantik. Biasanya kayu mahoni mudah sekali dimakan rayap, jadi usai dibeli usahakan untuk diberi lapisan anti rayap dulu sebagai antisipasi.

  • Kayu sonokeling,

Jenis kayu yang nyaris mirip dengan kayu jati adalah kayu sonokeling atau rosewood yang memiliki motif alami dan nampak cantik serta elegan. Dilihat dari segi kekuatan pun sebenarnya kayu jenis sonokeling ini tidak kalah dengan kayu jati. Sehingga Anda bisa menjadikannya pilihan untuk mendapatkan meja yang diukir secara detail dan cantik. Hanya saja harga sonokeling semakin mahal, padahal dulunya jauh lebih murah namun karena sudah populer maka semakin mahal.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

  • Kayu akasia,

Satu lagi jenis kayu yang cantik dan juga punya kekuatan bagus untuk dijadikan meja dengan detail ukiran, yakni akasia. Kayu akasia atau acasia ini juga cukup populer karena juga memiliki motif yang terbentuk alami di setiap lapisan kayunya. Meskipun kayu jenis ini tidak sehalus dan juga tidak sekuat kayu jati namun tetap aman dijadikan pilihan. Motif alaminya akan memberi sentuhan indah pada meja ukir yang dibuat sehingga bisa dijadikan alternatif saat susah mencari kayu jati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *