Berbagai Macam Kursi Antik Bergaya Eropa

Bagi pecinta barang-barang antik, Eropa menjadi tempat rujukan serta perburuan barang antik tersebut. Eropa memang terkenal dengan seni tinggi sejak dulu kala, sehingga tak salah jika banyak orang yang berburu barang-barang antik bergaya Eropa, salah satunya adalah kursi antik. Ada beragam jenis kursi Eropa antik yang disukai oleh pecinta furniture antik, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Kursi Gondola Antik Perancis

Perancis memiliki beragam seniman sejak masa kerajaan dulu yang mahir membuat perabotan indah, salah satunya adalah kursi gondola antik Perancis. Ketika mendengar nama kursi antik ini, maka imajinasi kita pasti akan melayang ke negara Venesia, hal ini dikarenakan salah satu elemen dari kursi ini memiliki bentuk melengkung pada bagian sandaran kursinya yang berbentuk seperti huruf C. Kursi ini dikembangkan pada tahun 1760-an di negara Perancis.Sekilas bentuknya seperti potongan drum sehingga kursi ini disebut juga dengan kursi tong atau barrel chair.

Kursi Goyang Antik Art Nouveau

Kursi goyang antik Art Nouveau ini mempunyai ciri khas kebudayaan Indies Belanda. Kursi ini telah berumur lebih dari 100 tahun karena mulai berkembang di tahun 1900-1910 an. Selain mempunyai nilai ekonomis tinggi, kursi ini juga sangat nyaman ketika diduduki.

Kursi goyang antik ini adalah warisan bersejarah yang juga mempunyai nilai ekonomis tinggi. Selain terbuat dari bahan kayu tua yang bagus, kursi ini juga mempunyai corak yang indah serta tahan lama. Kursi ini banyak digunakan para pemimpin Eropa, khususnya penguasa Belanda di abad ke-19.

Pola lengkungnya yang asimetris pada bagian kaki seperti yang ada pada kursi ini memang menjadi karateristik perabotan Eropa di masa lampau. Kursi goyang ini mempunyai cir ukiran organik, plastis serta geometris sehingga pembuatannya pun termasuk memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Pengaruh kebudayaan dan ciri khas Eropa tercermin jelas dalam kursi goyang ini. Bahan dari kursi ini sendiri adalah kayu jati pada bagian sandarannya, sedangkan untuk bagian badan dan kaki kursi terbuat dari kayu Oak. Kursi goyang antik ini menjadi perwujudan karya seni tingkat tinggi masyarakat Belanda di masa lampau.

Kursi Raffles

Setelan kursi serta meja Raffles ini adalah salah satu jenis mebel antik yang ternama pada abad ke-19.  Nama serta desain meja dan kursi ini sendiri banyak terinspirasi dari salah satu Gubernur Belanda Sir Thomas Stamford Raffles sehingga namanya pun diabadikan menjadi nama perabot ini.

Kursi Raffles ini mempunyai desain yang unik sehingga cocok digunakan di teras rumah maupun ruang tamu sehingga membuat gaya desain interior sebuah rumah lebih memukau.

Beberapa jenis kursi antik di atas memiliki gaya dan desain a la Eropa, yang tak hanya karena desainnya namun juga karena nilai antiknya, kursi-kursi inipun memiliki harga yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *