Begini Cara Mudah Membedakan Furniture Antik dan Furniture Repro

Jika Anda termasuk penggemar furniture atau barang antik, maka harus jeli saat memilihnya agar tidak tertipu dengan barang repro. Hal ini dikarenakan saat ini ada banyak sekali barang repro yang sangat mirip dengan barang antik dan sudah beredar luas dipasaran. Furniture antik adalah jenis barang yang diproduksi pada masa lalu dengan kondisi original dan masih layak dijual karena sudah tidak diproduksi lagi. Barang antik juga tidak dirubah dari segi apapun dan tetap sesuai dengan bentuk asli saat pertama dikeluarkan. Sedangkan furniture atau barang repro adalah barang yang menggunakan bahan lama dan dibuat menjadi produk baru.

Begini Cara Mudah Membedakan Furniture Antik dan Furniture Repro

Ada banyak sekali contoh barang repro seperti kusen bekas dari bongkaran rumah yang kemudian dibentuk lagi menjadi sebuah almari, meja dan kursi atau barang lainnya. Oleh karena itu, sebelum membeli furniture yang antik Anda harus memeriksanya dengan teliti. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara mudah membedakan furniture yang antik dan furniture retro, yaitu:

  • Furniture yang antik biasanya bahan pembuat atau materialnya sudah sangat tua sehingga terkadang banyak cacat seperti permukaan kayunya tidak mulus lagi, dan warnanya juga berubah menjadi kusam dan gelap. Akan tetapi, justru hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri karena keaslian dan kualitas kayunya sudah tidak perlu diragukan lagi.
  • Furniture asli yang termasuk barang antik umumnya akan terbuat dari bahan kayu yang utuh dan tidak ada sambungan sedikitpun.
  • Furniture antik biasanya juga menggunakan jenis bahan kayu keras seperti kayu jati yang memiliki nilai jual tinggi dan semakin lama usianya, maka kualitas kayu justru akan semakin bagus.
  • Aksesoris furniture yang antik seperti gagang pintu, engsel dan kunci pintu terbuat dari besi. Jadi meskipun nantinya tampak korosi atau berkarat justru hal tersebut yang menandakan bahwa barang tersebut adalah barang antik asli dan bukan tiruan.

Sedangkan untuk barang furniture repro biasanya lebih banyak terdapat sambungan kayu yang membuat warna furniture tersebut menjadi tidak senada. Selain itu, furniture jenis ini biasanya juga menggunakan tambahan aksesoris dari masa sekarang yang lebih bagus kualitasnya. Jadi saat Anda akan membeli barang antik, namun beberapa aksesoris tambahannya seperti baru, sebaiknya Anda mempertimbangkan lagi untuk membeli barang tersebut karena bisa saja itu adalah sebuah furniture atau barang repro.

BACA JUGA TIPS MEMPERCANTIK TERAS RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN FURNITURE UNIK

Itulah beberapa cara mudah membedakan furniture antik dan furniture retro yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli furniture yang antik. Karena bentuk barang dan harganya yang tidak jauh berbeda, maka Anda harus lebih teliti sebelum membelinya. Atau Anda juga bisa mengajak orang yang lebih ahli supaya tidak tertipu saat akan membeli furniture yang antik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *