Beberapa Bahan Kursi Kayu Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

Indonesia terkenal di manca negara dengan hasil hutannya yang kaya serta beragam dan membuat para pembeli dari negara lain pun lebih memilih sesuatu yang buatan hasil hutan Indonesia dibandingkan dengan negara lain. Yang menjadi bahan yang paling dicari dan diminati oleh mereka adalah kayu. Dengan ini, mereka dapat membuat berbagai jenis furniture yang berguna di kehidupan sehari-hari mereka, seperti misalnya membuat kursi kayu. Membuat sebuah tempat duduk ini tidak bisa sembarangan karena akan sangat berbahaya jika keropos atau rusak secara tiba-tiba, orang yang mendudukinya pun pasti akan jatuh dan jika terkena tulang ekor mereka, maka hal ini bisa sangat fatal.

Untuk itu, kualitas dari kursi kayu pun harus Anda perhatikan dan ketahui. Berikut adalah beberapa bahan terbaik untuk dijadikan tempat duduk:

Baca juga: MODEL KURSI KAYU SANTAI YANG COCOK UNTUK DI HALAMAN RUMAH

  • Jati

Jenis yang satu ini adalah yang paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia serta di negara lainnya. Jenis ini sangat terkenal dengan keras dan tahan lamanya. Selain itu, jenis ini juga memiliki tekstur yang indah serta pola seratnya yang unik dan mampu memberikan kesan elegan atau mewah pada setiap jenis furniture yang dibuat. Dengan memiliki kandungan minyak di dalamnya, jenis ini akan terhindar dari rayap, jamur, dan lain sebagainya. Tapi mengingat kualitasnya yang begitu baik, harganya pun juga terbilang cukup mahal.

  • Mahoni

Jenis ini juga banyak sekali peminatnya dan termasuk bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatan meubel. Jenis ini banyak digunakan untuk membuat badan gitar karena memiliki tekstur yang terbilang lembut dan memiliki corak yang indah. Selain itu, jika dibandingkan dengan Jati, jenis ini jauh lebih murah namun kualitasnya juga masih dibilang baik. Jenis ini sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuat kursi serta beberapa furniture lainnya seperti pintu, lemari, meja, dan lain sebagainya.

  • Sonokeling

Nama jenis ini memang sedikit asing dan memang jarang didengar oleh orang awam. Namun bagi pengusaha meubel, jenis ini sangat mereka kenal karena karakternya yang unik. Kayunya yang berwarna merah tua dan juga berwarna ungu dengan garis hitam yang terlihat natural serta kayunya yang keras inilah yang membuat pengrajin meubel tertarik untuk memakainya sebagai bahan pembuat kursi. Selain itu tekstur dari jenis ini juga halus, menarik, elegan dan tentunya tahan lama dan tahan air.

  • Akasia

Jenis ini pastinya sangat familiar untuk Anda karena pohon Akasia ini bisa didapati di pinggir jalan dan berfungsi sebagai peneduh saat berjalan di jalanan tersebut. Jenis ini memiliki karakter yang sedikit mirip dengan Jati yaitu kuat. Selain itu, jenis ini juga cocok untuk dijadikan kursi kayu karena tahan serangga. Namun, ternyata jenis ini memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa terkena air dan berada di suhu yang lembab karena rentan akan jamur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *