Aneka Jenis Bahan Pembuatan Meja Kayu

Meja kayu adalah salah satu jenis produk furniture yang banyak digunakan di setiap rumah. Dalam pembuatan meja ini, beragam jenis kayu dipakai, dan ini bisa menjadi pilihan para konsumen sebelum membeli meja berbahan kayu ini. Apa saja jenis kayu yang digunakan dalam pembuatan meja? Berikut ulasannya:

Kayu Jati

Jenis kayu ini adalah primadona dalam pembuatan furniture sehingga peminat beragam furniture berbahan kayu ini sangatlah banyak, dari furniture dengan desain minimalis, hingga furniture dengan desain klasik. Bahkan peminat meja berbahan kayu jati ini tak hanya di Indonesia saja, namun juga sudah merambah ke dunia Internasional. Selain kuat serta awet, meja yang terbua dari bahan kayu jati juga memberikan kesan yang elegan serta mewah. Hal ini disebabkan karena kayu jati mempunyai tekstur serta serta yang unik dan memiliki nilai dekoratif yang tinggi.

Kayu Mahoni

Jenis kayu lainnya yang banyak digunakan dalam pembuatan meja adalah jenis kayu mahoni. Kayu ini mempunyai kualitas yang cukup baik, serta harganya pun terbilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan meja yang berbahan kayu jati. Oleh karena itu, dengan membuat meja menggunakan kayu mahoni, furniture tak hanya akan terjaga kualitasnya, namun pengrajin juga mampu menghemat biaya produksi sehingga harga jualnya pun lebih terjangkau.

Kayu Sonokeling

Kayu Sonokeling juga banyak dipakai untuk membuat meja karena kayu jenis ini mempunyai keunikan tersendiri. Meski tanpa diberi pewarnaan, kayu ini mempunyai warna gelap alami sehingga terkesan mewah dan elegan. Tak hanya itu, serta pada kayu ini juga bertekstur indah serta dekoratif.

Kayu Akasia

Jika dilihat secara kasat mata, tekstur serta warna kayu akasia hampir mirip dengan jati. Oleh karena itu Akasia banyak diguankan sebagai bahan pembuatan meja dan furniture lainnya. Meski mempunyai bobot yang lumayan berat, namun furniture berbahan kayu ini terbilang kuat dan awet.

Kayu Trembesi

Kayu trembesi menjadi salah satu bahan kayu yang digunakan untuk pembuatan furniture. Selain karena memiliki ukuran kayu yang besar, juga karena stok kayu ini di alam masih banyak jika dibandingkan dengan kayu jati. Ukuran kayu yang cenderung besar juga membuat kayu trembesi banyak digunakan untuk meja atua furniture berdesain besar.

Kayu Sungkai

Jenis kayu ini mungkin masih tergolong asing, namun kayu ini makin hari makin populer karena dapat digunakan untuk membuat furniture seperti meja kayu, kursi, dan lemari. Kayu sungkai mempunyai warna yang lebih terang serta serat yang lebih lunak. Meski harganya lebih murah, namun kayu ini juga terbilang awet dan tahan lama.

Itulah beberapa jenis bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan meja kayu, mengetahui jenis bahan pembuatan tentu sangatlah penting, karena selain berkaitan dengan harga, juga berkaitan pula dengan warna serta serat kayunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *