Akibat Salah Memilih Lemari Kayu

Lemari tentu saja perabotan yang sangat wajib dimiliki bagi setiap keluarga. Tidak hanya digunakan untuk menyimpan pakaian saja. Lemari juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ataupun penghias rumah. Pada umumnya lemari berbahan dasar kayu dan cenderung memiliki warna yang netral. Sehingga cocok digabungkan untuk segala macam warna tembok. Karena lemari terbuat dari bahan kayu, tentu saja Anda harus teliti dalam memilihnya. Kesalahan dalam memilih lemari kayu tentu saja menimbulkan beberapa akibat. Apa sajakah itu?

Akibat yang bisa timbul karena Anda tidak teliti dalam memilih lemari bahan kayu adalah sebagai berikut:

  • Lemari akan cepat lapuk atau bahkan rusak.
  • Lemari bisa timbul jamur yang bisa merusak pakaian atau benda yang disimpan di dalamnya.
  • Lemari bisa diserang oleh rayap. Raya ini tidak hanya merusak lemari saja. Tetapi juga bisa menghasikan serbuk yang bisa mengotori pakaian Anda.

Jika lemari sudah rusak, bisa saja benda yang Anda simpan di dalamnya juga ikut rusak. Pada akhirnya tidak akan bisa digunakan kembali bukan? Untuk itulah sangat penting bagi Anda untuk memilih lemari berbahan kayu yang benar.

Baca Juga: SIAPA SANGKA LEMARI ANTIK MENAWARKAN SEJUTA KEMUDAHAN DAN KELEBIHAN

Lalu bagaimanakah cara untuk memilih lemari kayu yang benar agar awet dan tidak mudah rusak? Berikut ini adalah cara yang bisa Anda tiru:

  • Pilih lemari yang berasal dari bahan kayu yang berkualitas. Misalnya saja kayu jati yang benar-benar anti rayap dan lebih awet hingga puluhan tahun lamanya.
  • Usahakan lemari yang Anda beli sudah dilapisi dengan cat anti rayap. Sehingga rayap tidak mudah menempel dan merusak lemari atau pakaiannya.
  • Jika membeli lemari dari bahan kayu selain jati, pastikan jika kayu tersebut tidak terlampau ringan. Kayu yang ringan bisa mengindikasikan jika sudah kropos dan bisa rusak kapan saja.
  • Cari lemari yang bagian pintunya terbuat dari kayu utuh dan bukan sambungan. Ini akan membuat bagian pintu lemari menjadi lebih awet.

Itulah tips yang bisa Anda tiru untuk mendapatkan lemari berbahan dasar kayu yang berkualitas dan tentu saja tidak mudah untuk rusak.

Tapi jika Anda ingin lebih terjamin keawetannya, tak ada salahnya jika membeli lemari berbahan kayu dari merk-merk ternama. Misalnya saja Olympic, Populer dan masih banyak lagi merk ternama lainnya. Membeli lemari yang bermerk tidak hanya lebih awet. Tapi juga memiliki desain yang bagus dan terkesan lebih modern. Memang harganya akan sedikit lebih mahal. Namun tentu saja kualitas yang ada pada lemari tersebut lebih terjamin.

Memang sangat dianjurkan bagi Anda untuk memilih lemari yang berkualitas. Tapi meskipun berkualitas hendaknya Anda tetap melakukan perawatan yang benar terhadap lemari tersebut. Karena sebagus apapu kualitasnya, akan tetap rusak jika Anda tidak merawatnya. Cara merawat lemari berbahan kayu juga tak sulit. Pertama letakkan lemari di tempat yang kering dan rata. Kedua selalu bersihkan setiap beberapa waktu sekali untuk menghilangkan kotoran dan jamur yang mungkin saja menempel. Bubuhkan kapur barus di beberapa sudut supaya kecoa, tikus ataupun serangga lain menggerogotinya.

Itulah cara mudah untuk memilih lemari kayu yang berkualitas beserta perawatannya. Sebenarnya tak sulit bukan untuk melakukan cara tersebut. Tapi sayangnya, masih banyak pemilik lemari yang kurang mengetahuinya. Diharapkan setelah mengetahui tips ini Anda tak salah lagi ketika memilih dan merawat lemari yang berasal dari kayu. Demikian tips ini dan selamat mencobanya!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *