8 Alasan Mengapa di Rumah Anda Harus Ada Kursi Bambu

Bambu bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai hal, termasuk interior. Di Indonesia, furnitur bermaterial bambu yang umum di pasaran adalah kursi. Tak heran jika sejak dahulu Kursi bambu mudah ditemukan di berbagai rumah keluarga atau restoran khas Nusantara. Meskipun kursi jenis ini sudah ada sejak Anda kecil tetapi jika saat ini Anda sedang berencana membeli kursi baru jenis tersebut bisa menjadi opsi. Mengapa? Berikut 8 alasan mengapa Anda harus punya kursi bambu di rumah!

8 Alasan Mengapa di Rumah Anda Harus Ada Kursi Bambu

  • Banyak yang Merupakan Karya Asli Indonesia

Bambu juga dipakai oleh Beberapa desainer dan seniman asal Indonesia untuk karyanya. Selain memenuhi kebutuhan furniture rumah Anda, membeli kursi bambu buatan Indonesia juga bentuk dukungan pada karya asli Indonesia dan menyejahterakan warga-warga yang mendapat penghasilan dari bambu.

  • Tak JarangAada yang Harganya Miring!

Tak seperti kursi lain buatan pabrik, mulai dari proses menanam bahan dasar bambu hingga produksi menjadi kursi siap pakai tergolong mudah. Karena pengrajinnya cukup membutuhkan bengkel dengan peralatan yang simpel. Hal tersebutlah yang membuat banyak kursi bambu di Indonesia di jual dengan harga yang cukup terjangkau.

Umumnya Kursi berbahan bambu lokal biasa dijual mulai dari harga 200 ribu rupiah. Bahkan dengan 800 ribu Anda juga sudah bisa membawa pulang satu set furnitur berupa kursi bambu beserta mejanya.

  • Furnitur yang Ramah Lingkungan

Bambu termasuk salah satu vegetasi dengan pertumbuhan yang mudah. Pertumbuhannya bisa sekitar 10 cm dalam sehari sehingga proses panennya cepat. Tanahnya pun siap dipakai untuk menanam bambu yang baru lagi, tidak seperti furnitur dari kayu yang memakan waktu hingga puluhan tahun untuk siap dipakai. Bahan dasar organik membuat kursi berbahan bambu cukup ramah lingkungan. Terlebih cat yang dibutuhkan tidak banyak sehingga bila sudah tidak digunakan mudah terurai di dalam tanah.

  • Awet

Jika Anda membeli kursi bambu yang baru tanyakan bagaimana cara pembuat mengawetkan bambunya. Karena proses pengawetan yang baik juga akan membuatnya awet. UmuMnya ketahanan kursi jenis ini hingga 7 tahun.

Jika nantinya kursi yang Anda beli rusak tak perlu bingung karena perbaikan kursi berbahan bambu tergolong mudah. Mengacu pada mudahnya menemukan bahan serta banyaknya pengrajin bambu.

  • Mudah Dipadukan dengan Furnitur Lain

Kursi berbahan bambu mudah dipadukan dengan furnitur lain mengingat kemudahan bahan bambu untuk dijumpai sehari-hari. Misalnya saja Anda pasti sering menemukan kursi yang dijual satu set dengan meja bambunya. Terlebih warnanya sejenis dengan kayu-kayu lainnya sehingga dikombinasikan dengan rak kayu atau lemari kayu juga cocok.

  • Banyak Bentuk yang Lebih Modern juga, lho!

Kini, berbagai bentuk kursi berbahan bambu jauh lebih beragam. Mulai dari gaya minimalis hingga modern dan elegan. Perkembangan yang cukup pesat membuatnya pantas disandingkan furnitur-furnitur modern buatan Barat bersama rotan. Tak heran jika desain kursi dari kedua bahan tersebut semakin adaptif dan mulai dilirik oleh dunia.

  • Tergolong Timeless

Sejak zaman dahulu rumah-rumah di Indonesia yang masih bergaya tradisional banyak yang sudah menggunakan kursi bambu. Meskipun begitu, saat ini kursi jenis tersebut masih bisa Anda temukan dengan mudah, kan? Karena kursi berbahan bambu memang tergolong timeless atau tidak termakan oleh tren. Sehingga jenis ini akan lebih menguntungkan daripada furnitur-furnitur lain yang mengikuti tren.

Baca juga artikel menarik lainnya di seputarfurniture.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *