5 Keuntungan Memilih Furniture Mewah untuk Rumah Berbahan Dasar Kayu Jati

Rumah akan jadi semakin nyaman dan indah tak hanya dari tampilan luar atau eksteriornya saja, melainkan juga ditunjang dengan keberadaan furniture-furniture yang ada di dalamnya. Furniture mewah maupun yang sederhana banyak dijual di pasaran. Sebagian banyak diantara pilihan produknya terbuat dari bahan dasar kayu. Karena kayu sendiri memang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan menunjang estetika, disertai dengan nilai manfaatnya yang sangat tinggi. Misalnya untuk kebutuhan kursi, meja atau lemari. Kebanyakan diantara furniture memanfaatkan bahan kayu. 

Baca juga: INI DIA BERAGAM KRITERIA FURNITURE MEWAH YANG PERLU ANDA KETAHUI

Kayu sendiri juga tergolong sebagai sumber daya yang mudah dijumpai di Indonesia, karena sebagian besar wilayahnya adalah hutan dan perkebunan. Jenisnya cukup beragam, salah satu yang banyak dijadikan sebagai pilihan oleh masyarakat adalah kayu jati. Tentunya sudah tak asing dengan jenis kayu yang satu ini. Indonesia menjadi salah satu negara produsen kayu jati berkualitas tinggi yang ada di dunia. Bahkan jika dibandingkan dengan kayu-kayu yang lainnya, maka jati ini harganya juga lebih mahal.

 Banyak furniture mewah yang memanfaatkan penggunaan bahan tersebut, diantaranya keunggulannya adalah: 

  1. Kayu jati tergolong empuk dalam pemrosesan nya, dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya, maka kayu jati ini sendiri teksturnya lebih ringan dan empuk, sehingga lebih cepat diproses dibandingkan dengan kayu yang lainnya.
  2. Padat sehingga jauh lebih tahan lama, kayu ini cukup tahan lama, tak mudah lapuk meskipun dalam kondisi suhu udara yang lembab. Dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya, furniture berbahan dasar kayu jati bisa tahan 2 kali lipat lebih lama. Bahkan hingga puluhan tahun jika dirawat dengan tepat.
  3. Tidak mudah dimakan rayap, karena tergolong sebagai kayu yang padat maka rayap kurang senang hinggap pada kayu ini, cukup dengan memolesnya menggunakan Pelitur secara rutin, sudah cukup untuk menjaga furniture berbahan kayu jati ini dari serangan rayap.
  4. Tampilannya lebih estetik, kayu jati memiliki motif yang cantik, semakin tua usia kayu tersebut maka motifnya akan lebih indah. Itulah alasan yang membuat konsumennya juga sangat banyak. Selain itu kayu ini juga sangat mudah diukir dalam berbagai macam bentuk. Serat dan pori-porinya terbentuk secara lebih rapi.
  5. Tidak mudah retak, kebanyakan kayu-kayu biasa semakin muda usianya, ketika terbentur akan mudah mengalami kerapuhan yaitu retak di beberapa bagiannya, namun berbeda dengan kayu jati yang padat sehingga tidak mudah pecah bahkan ketika terbentur, kecuali dalam intensitas yang tinggi.

Itulah beberapa alasan yang memuat kayu ini sangat diminati oleh masyarakat pengguna furniture mewah, bahkan tak jarang produknya yang diekspor hingga ke luar negeri. Anda yang menyukai gaya-gaya klasik pada tampilan rumah lebih dianjurkan memilih furniture berbahan dasar kayu jati ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *