4 Perabot Kantor yang Wajib Tersedia di Perkantoran

Perabot kantor memiliki peranan penting untuk menunjang pekerjaan para pegawai. Secara sederhana perabotan kantor bisa diartikan barang-barang yang bisa digunakan dalam periode waktu yang relatif.

Jenis dan kebutuhan masing-masing kantor bisa berbeda dengan kantor lainnya. Perbedaan tersebut bisa disebabkan karena tipe usahanya yang berbeda. Namun ada beberapa benda yang umumnya ada di kantor, di antaranya adalah kursi, meja, komputer, mesin print, lemari arsip, dan lain sebagainya.

Sedangkan beberapa benda lainnya yang sangat dibutuhkan namun tidak harus ada adalah mesin foto copy, scanner, dan sebagainya. Kenapa peralatan kantor harus ada di perkantoran? Coba Anda bayangkan, bagaimana kondisi perkantoran jika tidak memiliki meja, lemari arsip, atau kursi. Pasti membuat pegawai/karyawan kerepotan menyelesaikan pekerjaannya. Selain itu ruangan kantor terlihat sangat berantakan dan membuat siapa pun yang masuk tidak betah berlama-lama.

Perabot Kantor

Berikut adalah 4 jenis perabot kantor yang meski ada di perkantoran, dilengkapi penjelasan fungsi masing-masing perabotan:

Meja Kantor

Meja adalah salah satu perabotan yang bentuknya datar disokong oleh kaki kaki meja. Meja umumnya dipasangkan dengan kursi. Meja yang digunakan di perkantoran tidak bisa sembarangan, ada beberapa persyaratan meja yang harus penuhi di antaranya

  • Bagian permukaan meja sampai lantai tidak sepenuhnya tertutup. Yaitu di bagian bawah harus memiliki kaki meja yang terbuka.
  • Permukaan meja usahakan tidak mengilap karena jika silau bisa membuat mata tidak nyaman.
  • Meja kantor umumnya dilengkapi laci berfungsi menyimpan berkas, peralatan atk atau peralatan lainnya.
  • Tidak terlampau luas maupun sempit.

Kursi

Kursi adalah perabotan yang fungsinya sebagai tempat untuk duduk. Pada umumnya kursi memiliki 4 buah kaki sebagai penyokong. Kursi model ini kurang efektif untuk kantor karena lebih banyak menyita ruangan.

Kursi dengan 4 kaki yang umumnya digunakan di perkantoran adalah kursi yang bisa dilipat. Model kursi ini lebih efektif karena jika tidak sedang digunakan kursi bisa dilipat. Sekarang kursi kantor terdapat berbagai jenis pilihan, seperti kursi dua kaki, dan kursi satu kaki. Terkadang kursi kantor dilengkapi sandaran dan roda di bagian kaki-kakinya.

Lemari Arsip

Lemari arsip adalah lemari yang fungsinya untuk menyimpan surat-surat. Dengan adanya lemari arsip semua yang berhubungan dengan kertas bisa tersusun dengan rapih dan lebih mudah dicari jika dibutuhkan. Kertas bisa terjaga dengan baik tanpa khawatir terkena air, lapuk, atau rusak. Umumnya lemari arsip kantor terbuat dari bahan baja. Pemilihan bahan baja ditujukan agar surat-surat terhindar dari kebakaran.

Komputer dan Printer

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, komputer merupakan barang elektronik yang harus ada di kantor. Selain sebagai alat untuk mengetik, memproses data komputer, juga bermanfaat sebagai media pengarsipan. Perabot kantor elektronik lainnya yang tidak kalah penting adalah printer. Printer membantu karyawan untuk mencetak dokumen dalam bentuk lembaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *