Home Furniture Rumah Cara Memilih, Bentuk, dan Fungsi Tangga Lipat yang Wajib Anda Pahami!

Cara Memilih, Bentuk, dan Fungsi Tangga Lipat yang Wajib Anda Pahami!

by Erin Nuzulia

Dalam kehidupan berumah tangga, terkadang kita kesulitan untuk menggapai atau mengambil barang yang ada di atas lemari. Atau bahkan kita kesulitan mengganti lampu yang mati di langit-langit rumah yang cukup tinggi. Satu-satunya perkakas rumah tangga yang bisa digunakan untuk mengantisipasi hal-hal tersebut adalah penggunaan tangga lipat.

Cara memilih tangga lipat

Memiliki tangga lipat tentu saja akan mendapatkan kemudahan tersendiri, apalagi tangga lipat bisa digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan. Meski begitu, Anda tidak bisa begitu saja memilih tangga lipat. Ada empat hal penting yang harus Anda jadikan pertimbangan utama dalam memilih tangga lipat.

  • Faktor keamanan

Faktor keamanan adalah hal yang sangat penting. Biasanya pada tiap tangga lipat telah dilengkapi dengan shelf brackets atau siku lipat yang berguna sebagai sistem pengunci agar tangga tidak lepas atau meleset saat diinjak.

  • Sesuaikan dengan tinggi dan jangkauan ruangan

Salah satu cara menjaga keamanan dan keseimbangan saat menggunakan tangga adalah menjangkau tempat yang tinggi, tetapi tidak sampai pada papan tangga teratas, cukup pada dua sampai tiga anak tangga di bawah papan puncak. Keadaan ini memungkinkan Anda untuk menyandarkan tubuh saat menjangkau area yang paling tinggi.

  • Pilih tangga yang mudah dibawa

Saat ini banyak tangga lipat yang berbahan ringan aluminium sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja. Pilih juga tangga lipat yang memiliki bantalan hendel di bagian atasnya.

  • Mudah disimpan

Carilah tangga lipat yang berdimensi kecil saat dilipat sehingga tidak menghabiskan banyak ruangan, lebih baik lagi jika mampu memilih tangga lipat yang bisa diselipkan di celah dinding.

  • Fitur kaki anti selip

Carilah tangga lipat yang pada bagian kakinya dilengkapi dengan karet, hal ini mencegah Anda menggores lantai atau karpet. Karet ini juga berfungsi agar tangga tidak selip saat digunakan.

Baca Juga:  Model Kursi Tamu Bahan Rotan Sintesis yang Cantik

 

Bentuk dan Fungsi Tangga Lipat

Tangga lipat sesungguhnya mempunyai beberapa bentuk dan fungsi yang berbeda. Pastikan Anda memilih tangga sesuai dengan kebutuhan agar aman digunakannya.

  • Tipe scaffolding

Tipe ini memiliki papan pijakan yang lumayan lebar dan mudah digeser. Bahkan pada beberapa produk tipe ini, ada yang bisa diatur panjang kakinya sehingga bisa dipakai di luar ruangan dengan medan yang kurang rata. Jika ingin membeli tipe ini, pilihlah yang bisa dilipat. Tipe ini bisa digunakan untuk membersihkan jendela dan mencuci mobil.

  • Tipe step ladder

Tangga tipe ini memiliki tinggi yang tidak lebih dari 80 cm dan biasanya digunakan di dalam ruangan. Pijakannya yang stabil membuat tangga ini mudah digunakan dalam menjangkau barang yang diletakkan pada rak yang tinggi. Anda juga bisa menggunakan tangga lipat tipe ini untuk membantu anak meraih buku yang ada di rak bagian atas, tentu saja di bawah pengawasan Anda yah.

  • Tipe Strech

Tipe ini memiliki ketinggian 2 hingga 10 meter dan biasanya dipakai di luar ruangan. Penggunaan tipe ini harus sangat berhati-hati karena sangat kesulitan di masalah keseimbangan. Pastikan saat memakai tangga jenis ini, ada orang lain yang memegang bagian kaki tangga agar tetap aman.

  • Tipe Tripod

Tipe ini hampir sama bentuknya dengan tripod kamera, yakni memiliki tiga kaki demi menjaga kestabilan tangga meskipun digunakan di permukaan yang miring. Kaki ketiganya bisa dengan mudah diatur tinggi dan rendahnya sehingga bisa digunakan pada kemiringan yang curam. Tangga lipat tipe ini cocok digunakan jika Anda hobi berkebun.

Pilih tangga lipat dengan harga terbaik dengan mengecek di sini ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More