Home Gadget 5 Tips Memilih Air Purifier Demi Mendapatkan Kualitas Udara Terbaik

5 Tips Memilih Air Purifier Demi Mendapatkan Kualitas Udara Terbaik

by Erin Nuzulia

Air purifier dikenal sebagai salah satu alat elektronik yang mampu menjernihkan udara dengan cara menyaring udara di sekitar sehingga menjadi lebih bersih dan bebas polusi. Pada beberapa air purifier, terdapat juga fungsi humidifikasi (pengatur kelembaban), penyaring partikel polutan dan serbuk sari, juga mampu menjadi diffuser. Perannya yang sangat penting membuat harga air purifier tidaklah murah, sehingga kita harus cermat memilihnya agar mampu mendapatkan kualitas udara terbaik tanpa harus membuat kantong jebol.

Saat ini, di pasaran ada banyak sekali merek dan brand air purifier yang bisa menjadi pilihan Anda dengan harga yang variatif. Untuk mendapatkan air purifier yang tepat, berikut beberapa tips yang wajib Anda perhatikan!

5 Tips Memilih Air Purifier Demi Mendapatkan Kualitas Udara Terbaik

  1. Sesuaikan tipe dengan lokasi pemasangan

Tipe yang paling umum digunakan adalah fan air purifier, yakni menggunakan mesin berupa kipas. Proses penyaringannya dengan mendorong udara ke dalam filter sehingga udara di dalam ruangan bisa terbebas dari debu dan debu.

Tipe lainnya adalah electric air purifier yang menggunakan daya listrik statis. Keunggulan dari tipe ini adalah suaranya yang tidak bising lantaran filternya jarang tersumbat. Selain itu, kinerja plasma yang ada pada tipe ini mampu membuat udara tetap jernih lebih lama.

Tipe selanjutnya ialah tipe ion generator yang menghasilkan ion negatif untuk membersihkan udara dan menetralkan baru. Ukurannya biasanya kecil dan digunakan di tempat yang sempit, seperti toilet, mobil, dan Lorong rumah.

  1. Sesuaikan jangkauan air purifier dengan luas ruangan

Pastikan Anda memilih air purifier yang memiliki luas applicable floor spacenya lebih besar, hal ini mengindikasikan semakin luas applicable floor space yang ada pada mesin air purifier, akan semakin cepat udara yang mampu dibersihkan. Applicable floor space sendiri merujuk pada luas ruangan yang dapat dibersihkan dalam waktu 30 menit. Sehingga dianjurkan memilih air purifier yang mampu menyesuaikan luas jangkauan mesin dengan luas ruangan agar udara bersih secara optimal didapatkan.

  1. Pilih yang memiliki volume udara besar

Kapasitas volume udara yang besar yang dimiliki air purifier mampu menjernihkan udara dengan jauh lebih cepat. Hal ini terjadi karena semakin besar udara yang dikeluarkan, semakin cepat pula udara di dalam ruangan dapat disirkulasikan. Konsekuensi dari kemampuan air purifier yang semakin cepat dalam menjernihkan udara adalah semakin besar daya listrik yang digunakan. Untuk itu, pilih yang memiliki timer agar pemakaiannya lebih efisien.

  1. Pilih yang memiliki HEPA Filter

Pemilihan HEPA (High Efficiency Particulate Air) Filter sangat penting dalam membersihkan debu yang berukuran kecil. Penggunaan filter ini bahkan mampu menghilangkan 99,97% partikel yang berukuran kurang dari 0,3 mikrometer. Serbuk sari, debu rumah, juga berbagai kuman bisa disaring dengan baik menggunakan filter ini, sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki alergi.

  1. Perhatikan fitur lainnya

Pastikan ketika memilih air purifier, ada fitur tambahan yang Anda pilih. Misalnya saja ada fitur odor sensor, yakni fitur yang bisa mendeteksi adanya bau pada ruangan, misalnya bau dari rokok, bawang putih, makanan, dll. Air purifier dengan fitur ini akan membersihkan udara sebelum bau menetap di ruangan.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 5A

Adapun fitur lainnya yang mungkin ada di air purifier adalah dust sensor. Fitur ini memungkinkan penyaringan debu baik yang ada di dalam maupun luar rumah. Fitur selanjutnya adalah humidifikasi atau dehumidifikasi, yang memungkinkan air purifier menjaga kelembaban udara di ruangan agar tidak terlalu lembab atau pun terlalu kering.

Untuk mendapatkan informasi terbaik mengenai air purifier, silakan cek di https://www.bukalapak.com/trend/air-purifier.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More